oleh

Polsek Juli Bekuk Pencuri dan Penadah Sepeda Motor

PENANEGERI, Bireuen – Personel Polsek Juli, Kabupaten Bireuen berhasil menangkap seorang pria yang diduga sebagai pelaku pencurian sepeda motor (curanmor) di kawasan Desa Benyot Juli, Bireuen.

Selain pencuri sepeda motor itu, pihak kepolisian juga berhasil mengamankan seorang calon penadah sepeda motor hasil curian tersebut.

Kapolres Bireuen AKBP Gugun Hardi Gunawan Sik MSi melalui Kapolsek Juli, Ipda Prawira Wardany STrk didampingi Kanit Reskrim Brigadir Redi Kusneri, Sabtu (5/1) mengatakan, setelah mendapat laporan terkait pencirian tersebut, pihaknya berhasil mengamankan Abd HI (30) warga Pinto Rime Gayo, Bener Meriah.

“Selain Abd HI, kita juga berhasil menangkap penadah bersinisial M alias Mok, yang berhasil diringkus di kawasan Desa Juli Keude Dua,” katanya.

Menurut Prawira Wardany, tersangka Abd HI diduga telah mencuri sepeda motor jenis Honda Beat Nopol BL 6824 ZAN hitam milik Surani binti Abdullah (36) warga Desa Krueng Simpo Juli, Bireuen, Rabu (2/1) lalu.

Dijelaskannya, saat itu pelaku Abd HI ini masuk ke rumah korban dan mengambil kunci sepeda motor yang sedang terparkir di depan rumah. Sementara  korban baru saja pulang dari rumah orangtuanya, selanjutnya mencuci pakaian di sumur.

Baca Juga  Polres Bireuen Tangguhkan Penahanan Tiga Warga yang Diduga Terlibat Intimidasi 

“Saat itu korban sempat mendengar suara deru kendaraan ketika dinyalakan pelaku. Tapi saat korban keluar dan melihat didepan rumah, sepeda motor miliknya sudah dibawa kabur oleh pelaku,” terangnya.

Korban, sambung Prawira Wardany, sempat berteriak dan meminta bantuan tetangga, namun pencuri tersebut sudah tancap gas.

“Melihat kondisi itu, lalu warga menghubungi anggota Polsek Juli serta memberikan informasi lengkap tentang sepeda motor yang dibawa lari pencuri tersebut,” katanya..

Setelah mendapat informasi, satu jam kemudian personel Polsek Juli berhasil menangkap pelaku dengan cara mengejar, sebagian diantaranya menunggu di bebarapa titik lokasi.

“Terakhir pelaku ini berhasil ditangkap di kawasan Desa Benyot, Juli. Ketika ingin diamankan, pelaku ini melakukan perlawanan sehingga dilakukan tembakan peringatan ke udara,” rincinya.

Setelah digeledah, personel juga menemukan sebilah senjata tajam jenis pisau kecil. Barang bukti pisau dan sepmor hasil curian itu langsung diamankan ke Mapolsek Juli.

Hasil keterangan dan pengembangan, ternyata sepmor hasil curian itu direncanakan akan jual pada salah satu warga Juli Keude Dua.

Baca Juga  Polres Bireuen Buru Satu Tahanan yang Kabur dari Sel

“Pengakuan tersangka ini, beberapa hari lalu, penadah sempat memesan sepmor kepada pelaku dengan nilai Rp 2.500.000 dan calon pembeli tersebut memberikan uang sebanyak Rp 1.000.000 kepada pelaku dengan janji bisa membawa sepmor,” jelasnya.

Sementara sisanya akan dibayarkan setelah Ia mendapatkan sepeda motor. Selanjutnya Kapolsek Juli, Ipda Prawira Wardany STrK dan personelnya melakukan pengejaran terhadap penadah  M alias Mok dan terakhir di ringkus di kawasan Desa Juli Keude Dua.

“Hingga saat ini keduanya telah kita amankan di Mapolsek Juli untuk pengembangan lebih lanjut,” tandas Kapolsek Juli, Ipda Prawira Wardany.

Komentar

Berita Terbaru