oleh

Polsek Juli Bireuen Amankan Kayu Gelondongan Ilegal Ditepi Sungai

PENANEGERI, Bireuen – Personel Polsek Juli berhasil mengamankan tujuh batang kayu bulat atau kayu gelondongan, di pinggir sungai kawasan Simpang Jaya, Kecamatan Juli, Kabupaten Bireuen.

Kapolres Bireuen, AKBP Gugun Hardi Gunawan SIK M.Si melalui melalui Kapolsek Juli, Ipda Syafaruddin SH kepada wartawan, Selasa (17/9) menjelaskan, kayu golondongan itu ditemukan saat melakukan patroli, di pinggir sungai dan pinggir pegunungan, kawasan Juli, Bireuen, Rabu (11/9) lalu.

“Saat sedang patroli rutin, personel sempat melihat tumpukan kayu golondongan di pinggir sungai, dan anggota sempat menanyakan kepada sejumlah warga, siapa pemilik kayu tersebut, namun warga tidak mengetahui sama sekali pemiliknya,” katanya.

Usai patroli, personel Polsek Juli kembali ke Mapolsek dan melaporkan tentang temuan tumpukan kayu tersebut.

“Setelah mendapat laporan adanya tumpukan, saya bersama anggota bergerak lagi ke lokasi guna memastikan serta mengamankan kayu gelondongan itu ke Mapolsek,” terangnya.

Ia menambahkan, seluruh kayu itu akhirnya diangkut dan dibawa pulang ke Mapolsek sebagai barang bukti, serta mencari siapa pemiliknya.

Baca Juga  Diduga Pelaku Pemerkosa, Polres Bireuen Tangkap Remaja Kota Juang

“Di duga kalau kayu tersebut tanpa memiliki izin dan dokumen dan diduga hasil illegal logging, apa lagi ditumpuk di pinggir sungai,” jelasnya.

Seluruh batang kayu temuan itu, sambung Kapolsek Juli, diamankan untuk mengetahui, siapa pemiliknya sekaligus, mencegah gangguan Kamtibmas, serta menjaga kelestarian hutan di wilayah hukum Polsek Juli.

“Bila ada penebangan kayu ilegal dihutan, khususnya di wilayah Juli, maka  dikhawatirkan mendatangkan bencana alam,  baik longsor dan banjir.  Kita berharap masyarakat harus sadar serta harus  ikut mencegah penebangan liar,” pinta Ipda Syafaruddin.

Komentar

Berita Terbaru