oleh

Presiden Jokowi : Aceh Dapat Dana Otsus itu Tidak Sedikit

PENANEGERI, Bireuen – Dalam kunjungan kerja sekaligus menghadiri acara Kenduri Kebangsaan, di Sekolah Sukma Bangsa, Bireuen, Presiden Joko Widodo ikut menyampaikan beberapa hal tentang persoalan, penggunaan anggaran di Aceh, Sabtu (22/2).

Disamping masalah penggelolaan anggaran dan angka kemiskinan di Aceh, Presiden juga menyinggung masalah pengelolaan dana Otsus di Aceh.

“Selama ini kita harus tahu, kalau Aceh ini mendapat dana otsus yang tidak sedikit. Kondisi ini ikut dan membuat daerah atau provinsi lain iri,” kata Jokowi.

Dijelaskan Presiden, tahun 2020 Aceh itu menerima kucuran dan otsus sebesar Rp 8 triliun, ditambah dana APBA Rp 9 triliun. Jadi total seluruhnya sudah mencapai Rp 17,2 triliun, belum lagi ditambah dana APBK seluruh Aceh.

Ditegaskanya, terlepas apapun kegiatannya, tapi terhadap pengelolaan anggaran tersebut sangat penting sekali, karena itu tanggungjawab.

“Dana sebesar itu sangat besar. Namun bagaimana sistim pengelolaanya. Sementara dana APBD itu apakah sudah tepat sasaran dan bermanfaat untuk rakyat, ikut dirasakan oleh rakyat. Ini yang masih menjadi tanda tanya saya,” ungkapnya.

Baca Juga  Panwaslih Kota Langsa Gelar Sidang Dugaan Pelanggaran Administrasi Caleg Partai Golkar

Dibagian lain Presiden Jokowi juga meminta agar kepala daerah di Aceh untuk tetap fokus dalam penggunaan anggaran di daerahnya masing-masing.

“Kalau pengunaan dana APBD itu saya titip ke bupati dan wali kota serta gubernur, maka harus digunakan dengan fokus,” tegasnya.

Selanjutnya, tambah Jokowi, harus diprioritas ke pada hal yang sangat penting dan angka 14 persen terhadap angka kemiskinan itu besar.

“Saya minta agar tetap memberikan perhatian serius terhadap angka kemiskinan yang besar itu, lakukan terobosan denga berbagai program, sehingga dapat kemiskinan itu selesai,” pintanya.

Dalam kunjungan ke Bireuen, Presiden Joko Widodo didampingi sejumlah Menteri Kabinet Indonesia Maju serta Surya Paloh. Ikut hadir juga Wali Nanggroe Malik Mahmud Al Haytar, Plt Gubernur Aceh Nova Iriansyah, anggota DPR RI, DPD RI asal Aceh.

Di Sekolah Sukma Bangsa Bireuen, Jokowi dan Surya Paloh serta beberapa tamu lainnya menyempatkan diri, dan singgah di lokasi tempat warga memasak Kuah Beulangong.

Komentar

Berita Terbaru