oleh

Pria Asal Sumut Diamuk Massa di Bener Meriah Saat Tertangkap Curi Uang

PENANEGERI, Banda Aceh Seorang pria berinisial JU (48), Wiraswasta, warga Kecamatan Babalan, Langkat, Sumatera Utara menjadi bulan-bulanan warga setelah tertangkap mencuri uang ratusan juta rupiah milik korban bernama Khaidir Ari (41), Petani, warga Kecamatan Permata, Bener Meriah, Kamis (9/5) kemarin.

Pencurian ini terjadi di depan rumah korban yang berada di kawasan Gampong Seni Antara, Kecamatan Permata, Bener Meriah.

“Pelaku membongkar dan merusak pintu mobil korban yang terparkir di depan rumah menggunakan kunci T dan mengambil uang korban,” ujar Dir Reskrimum Polda Aceh, Kombes Pol Agus Sarjito, Jumat (10/5).

Direktur menjelaskan, dalam penangkapan ini polisi mengamankan uang tunai yang dicuri pelaku senilai Rp 50 juta beserta sepeda motor Honda Supra X dan sebuah kunci T yang digunakan untuk melancarkan aksinya.

“Saat itu korban mengambil uang di bank senilai Rp 387 juta, kemudian langsung pulang. Setiba di rumah ternyata hujan, korban pun langsung turun dari mobil untuk mengangkat kopi gabah yang dijemur di depan rumah. Uang itu pun tinggal di mobil dalam keadaan terkunci,” ungkapnya.

Baca Juga  Polisi Amankan Dua Pelaku Kriminal Bersenjata di Aceh Timur¬†

Saat Khaidir sedang mengangkat kopi bersama sejumlah pekerjanya, ia melihat seorang lelaki mencurigakan yang berhenti di depan rumahnya, tepatnya di belakang mobil yang diparkir olehnya tadi. Hal mencurigakan itu juga terlihat oleh anak korban bernama Rahmat.

“Korban melihat mengambil uang itu setelah membobol pintu mobil, pelaku langsung kabur menggunakan motornya. Korban sempat mengejar pelaku menggunakan motor. Pelaku saat itu lari ke belakang rumah warga, saat terdesak tidak dapat melarikan diri korban dan pelaku terlibat perkelahian untuk memperebutkan plastik berisi uang itu,” jelasnya.

Plastik yang direbut antara pelaku dan korban, sambung Agus, sempat robek dan uang yang di dalamnya pun jatuh berhamburan. Pelaku kemudian kembali kabur dengan membawa sebagian uang korban ke arah semak hutan.

“Korban mengumpulkan uangnya dan membawa pulang, sementara pelaku kabur, motornya dibawa pulang ke rumah korban. Sejumlah warga lain yang tahu hal ini mencari keberadaan pelaku,” katanya.

Tiba kembali di rumah, Khaidir menghitung uang yang sempat dicuri pelaku dan ternyata diketahui uang itu berkurang sekitar Rp 50 juta. Akhirnya, warga pun menangkap pelaku beserta uang puluhan juta yang dibawa kabur.

Baca Juga  Tingkatkan Disiplin dan Silaturrahmi, Kodim Bireuen Gelar Apel Gabungan

“Pelaku sempat diamuk massa saat tertangkap, saat ini pelaku masih diamankan di Mapolsek Permata untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya karena melakukan¬†Pencurian dengan Kekerasan, sebagaimana dimaksud dalam Pasal 363 Jo 365 KUHPidana,” pungkas Direktur.

Komentar

Berita Terbaru