oleh

Proposal CDOB Pantonlabu Sampai di Meja Mendagri, Ini Harapan Komite

-Aceh-127 views

PENANEGERI, Aceh Utara – Proposal permohonan pembentukan daerah otonomi baru (DOB) Pemerintah Kota Pantonlabu┬átiba di meja Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

Ketua Komite Calon DOB Kota Pantonlabu, Hendra Nurdin mengatakan, proposal calon DOB ini diserahkan ke Kemendagri pada tanggal 7 Febuari 2019 lalu. Berkas dokumen tersebut telah sesuai dengan UU No. 23 Tahun 2014 Tentang Pemerintahan Daerah yang menjadi rujukan penyusunan dokumen proposal.

“Tahapan berikutnya adalah menunggu pemerintah pusat menetapkan dua peraturan pemerintah, yaitu DESARTADA (desain besar penataan daerah) dan DETADA (desain penataan daerah) sebagai petunjuk pelaksaan teknis pembentukan daerah otonom baru,” kata Hendra Nurdin saat berbincang dengan Penanegeri.com, Senin (4/3).

Menurut Hendra, semestinya pemerintah melalui presiden telah menetapkan dan menandatangani PP setelah dua tahun undang-undang 23/2014 ditetapkan, yaitu tahun 2016 lalu. Namun, ujarnya, sampai sekarang sudah lima tahun UU tersebut berjalan, belum juga PP ditetapkan pelaksanaannya.

“Informasi yang kami dapatkan, draft PP sudah siap untuk ditandatangani oleh Presiden RI. Melalui Forum Komunikasi Nasional (Forkonas) CDOB se-Indonesia, secara ex-officio kelembagaan telah kami layangkan permohonan audiensi kepada Presiden RI. Sebagai upaya mempertanyakan PP dimaksud, namun belum ada respon,” ujarnya.

Hendra berharap kepada seluruh masyarakat yang ada di lima kecamatan yang tercantum sebagai calon DOB yang di antaranya Kecamatan Tanah Jambo Aye, Langkahan, Seunuddon, Baktiya dan Baktiya Barat agar terus mengawal perkembangan Calon DOB ini

“Kami masyarakat Aceh Utara di lima kecamatan dalam teritorial pemekaran dengan jumlah penduduk 150.000 jiwa terus mengawal tahapan pembentukan pemerintah Kota Pantonlabu,” ucapnya.

Sebagaimana diketahui, lima dari 27 kecamatan di Aceh Utara yang tercantum pada pembentukan Calon DOB merupakan wilayah Kabupaten Aceh Utara. Penduduk di Lima kecamatan ini sepakat membentuk pemerintahan baru.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *