oleh

Prosesi Evakuasi Dua Prajurit TNI yang Gugur di Intan Jaya Papua

PENANEGERI, Intan Jaya – Proses evakuasi jenazah almarhum Lettu Inf Erizal Zuhry Sidabutar dan jenazah almarhum Serda Rizky Ramadhan yang gugur akibat ditembak oleh kelompok kriminal separatisme bersenjata (kksb) telah dilakukan dari Intan Jaya menuju Paniai dan menuju ke Timika, Papua.

Pada hari Rabu tanggal 18 Desember 2019 pukul 12.50 WIT, bertempat di Bandara Enarotali, Distrik Paniai Timur, Kabupaten Paniai, telah dilaksanakan prosesi kedatangan Jenazah Alm. Lettu Inf Erizal Zuhri dan Serda Rizky -(korban penembakan oleh kelompok kriminal separatis bersenjata (kksb) yang terjadi di Kab. Intan Jaya antara Satgas Menangkawi dengan KKSB wilayah Kab. Intan Jaya pada tanggal 17 Desember 2019)-, dengan menggunakan Helly Bell TNI-AD.

 

Pada pukul 12.50 WIT, jenazah Alm. Lettu Inf Erizal Zuhri dan Serda Rizky (Satgas Menangkawi) tiba di Bandara Enarotali dengan menggunakan Helly Bell.

Kemudian pada pukul 12.55 WIT, proses perpindahan jenazah Alm. Lettu Inf Erizal Zuhri dan Serda Rizky dari Helly Bell menuju Helly Carakal TNI AU.

Pada pukul 13.05 WIT, Helly Carakal TNI Take off dari Bandara Enarotali Menuju Bandara Timika.

Selama kegiatan evakuasi Jenazah Alm. Lettu Inf Erizal Zuhri dan Serda Rizky berjalan dalam keadaan aman dan lancar.

Kemudian pada pukul 13.30 WIT bertempat di Hanggar Penerbad Bandara Mozes Kilangin, Distrik Kwamki Narama, Kabupaten Mimika telah tiba Helli pembawa jenazah Alm. Lettu Inf Erizal Zuhry Sidabutar dan Alm. Serda. Rizky Ramadhan (Satgas Tindak Nemangkawi TNI/Polri) korban penembakan KKSB di Kab. Intan Jaya pada tanggal 17 Desember 2019 dengan menggunakan pesawat Heli Caracal EC 725/HT-7201, Pilot Mayor Pnb Boy Nanang.

Adapun nama lengkap dan jabatan kedua prajurit TNI yang gugur akibat ditembak oleh kelompok kriminal separatis bersenjata adalah :

1) Alm. Lettu Inf Erizal Zuhry Sidabutar NRP 11150001581090 Jabatan Danunit-1/1/Bakduk/2/Yon-812 Sat-81 Kopassus.

2) Alm. Serda Rizky Ramadhan NRP 21150038531295 Jabatan Ba Pawang 2 Unit-1 Pelacak Sat-81 Kopassus.

Dalam prosesi penjemputan evakuasi kedua jenazah almarhum, hadir para pejabat diantaranya Brigjen TNI Abdul Haris Napoleon (Kabinda Papua), Brigjen TNI Joni Triman (Dansatgas Elang), Kolonel Inf Charles Binsar Parulian Sagala (Danbrigif 20/III/Kostrad Timika), Kolonel Inf Beny (Kabagops Satgas Elang), Letkol Inf Dodi Nur Hidayat (Danyon 754/ENK/III/Kostrad) dan Letkol Pnb Anggit Budi Wibowo (Danlanud Yohanis Kapiyau Timika).

Kemudian pada Pukul 13.34 WIT kedua jenazah kemudian dibawa menuju RSUD Mimika dengan menggunakan 1 (satu) unit Ambulance YKU Mimika dan 1 (satu) unit Ambulance RSUD Mimika.

Rencana jenazah kedua almarhum prajurit TNI yang gugur akan diterbangkan hari ini, untuk proses pemulangan jenazah,  namun karena keterbatasan sarana transportasi udara komersial akhirnya ditunda esok hari Kamis 19 Desember 2019.

Pemulangan jenazah Alm. Lettu Erizal Zuhry Sidabutar rencananya dengan rute : Timika – Denpasar – Jakarta – Medan menggunakan Pesawat : Garuda 653 pukul 10.40 WIT Garuda (Jakarta -Medan Kualanamu) waktu menyesuaikan. Dari Kualanamu menuju rumah duka menggunakan jalan darat (ambulans jenazah) ke Kec. Sidikalang Kab. Dairi, untuk selanjutnya dilaksanakan proses pemakaman.

Untuk pemulangan jenazah Alm. Serda Rizky Ramadhan dengan rute : Timika – Denpasar – Jakarta rencana menggunakan pesawat : Garuda 653. Jenazah rencana akan disemayamkan terlebih dahulu di Makopassus Cijantung, sedangkan untuk pemakaman rencana dilaksanakan di TMP Kalibata pada Kamis 19 Desember 2019.

(Liputan oleh : Wawan kontributor redaksi di Papua)

Komentar

Berita Terbaru