oleh

Puisi Sukmawati Tuai Kontroversi

PENANEGERI, Jakarta – Puisi ‘Ibu Indonesia’ oleh Sukmawati Soekarnoputri  menjadi viral dan menuai kontroversi.

Bait-bait puisi ‘Ibu Indonesia’ yang dibacakan oleh Sukmawati Soekarnoputri dalam acara 29 Tahun Anne Avantie Berkarya di Indonesia Fashion Week 2018 akhir pekan lalu, di dalam puisi tersebut menyebut mengenai azan dan juga cadar.

Hal itu dipersoalkan oleh pengurus Persaudaraan Alumni 212.

Pengurus Persaudaraan Alumni 212, Kapitra Ampera menilai ada dugaan pelanggaran dalam puisi yang dibuat dan dibacakan sendiri oleh Sukmawati Soekarnoputri dalam acara 29 Tahun Anne Avantie Berkarya di Indonesia Fashion Week 2018.

Dalam puisi yang berjudul Ibu Indonesia tersebut, ada bagian yang dianggap menyinggung azan dan cadar.

“Saya mendapatkan video itu tadi pagi. Sudah saya cermati ada mengenai adzan dan cadar, menurut saya ada dugaan kuat mendiskreditkan agama,” ujar Kapitra, dilansir dari Islampos Senin 2 April 2018.

Menurut Kapitra, Sukmawati tidak seharusnya membanding-bandingkan adzan yang merupakan panggilan untuk ibadah dengan hal lain.

“Jangan banding-bandingkan adzan. Adzan itu panggilan ibadah,” tutur Kapitra.

Baca Juga  Sukmawati Akhirnya Meminta Maaf 

Penjelasan Sukmawati

“Lho Itu suatu realita, ini tentang Indonesia. Saya ga ada SARA-nya. Di dalam puisi itu, saya mengarang cerita. Mengarang puisi itu seperti mengarang cerita. Saya budayawati, saya menyelami bagaimana pikiran dari rakyat di beberapa daerah yang memang tidak mengerti syariat Islam seperti di Indonesia Timur, di Bali dan daerah lain,” kata Sukmawati ketika dikonfirmasi wartawan, Senin (2/4).

Sukmawati mengatakan apa yang dia sampaikan di puisi itu merupakan pendapatnya pribadi sebagai budayawan. Menurut Sukmawati tidak ada isu SARA sama sekali dalam puisi yang dibawakannya. (*)

Berikut video-video yang viral terkait puisi Sukmawati :

Komentar

Berita Terbaru