oleh

Puluhan Hektare Tanaman Padi di Aceh Utara Diserang Hama Wereng, Begini Kondisinya

-Aceh-101 views

PENANEGERI, Aceh Utara – Petani di Gampong Tanjong Meunye, Kecamatan Tanah Jambo Aye, Kabupaten Aceh Utara mengeluh lantaran tanaman padi mereka diserang hama wereng. Sebagian tanaman padi gagal panen akibat serangan hama tersebut.

Seorang petani Gampong Tanjong Meunye, Mukti Ali mengatakan, setidaknya ada sekitar 20 hektare tanaman padi di desa itu yang sudah terkena hama wereng dan tidak dapat diselamatkan kembali karena batang padi sudah mengering. Namun sebagian petani tetap berusaha memulihkannya dengan obat seadanya.

“Tanaman padi berwarna kemerahan dan kering. Kalau kami sebut hama wereng coklat. Contohnya milik Muhammad Basyah, warga sini, ada sekitar seribu meter yang sudah terkena wereng itu. Kalau totalnya yang terkena wereng di desa ini kurang lebih 20 hektare,” ujarnya kepada Penanegeri.com, Kamis (1/8).

Mukti menyebut, hama wereng menyerang tanaman padi di desa itu sejak 20 hari yang lalu. Sebagian petani berhasil menyelamatkan tanaman padi mereka dengan cara mengobati dan pemupukan hingga kembali subur serta berbuah.

Baca Juga  28 Tahanan Baru Tak Mencoblos di Rutan Bireuen

“Lahan saya ada sekitar tiga petak yang terserang wereng coklat itu. Tetapi sudah saya obati dan sekarang masih dalam perawatan proses pemulihan. Saya ambil obat dari penyuluh pertanian setelah saya konsultasi,” jelasnya.

Mukti berharap kepada pemerintah agar segera mencari solusinya sebelum hama wereng coklat itu terus menyerang ke lahan sawah lainnya. Selain itu, ia juga berharap petani yang merugi karena tanaman padinya terserang wereng dapat dibantu apabila pemerintah menyediakan dana asuransi bagi petani.

Sementara itu, Camat Tanah Jambo Aye, Hanifza Putra dihubungi terpisah mengatakan, akan segera meneruskan informasi tentang hama wereng coklat tersebut kepada pihak penyuluh ataupun mantri tani untuk ditindaklanjuti.

Informasi lain yang diperoleh Penanegeri.com, di kecamatan lain, seperti Seunuddon juga dilanda musibah serupa. Ada sebagian tanaman padi milik warga nyaris tidak dapat diselamatkan karena terkena hama wereng tersebut.

Saat ini, sebagian petani mengaku kewalahan untuk merawat tanaman padi yang diserang hama wereng itu lantaran tidak ada air irigasi. Menurut informasi, air irigasi sejak Kamis (1/8) sudah ditutup oleh Petugas Ranting Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Aceh Utara berdasarkan jadwal yang telah ditetapkan sebelumnya.

Komentar

Berita Terbaru