oleh

Pupuk Subsidi Kembali Langka di Aceh Utara

-Aceh-153 views

PENANEGERI, Aceh Utara – Pupuk subsidi pemerintah sejak sebulan terakhir langka di pasaran Kabupaten Aceh Utara. Akibatnya para petani mengeluh karena saat memasuki musim tanam, pupuk subsidi tersebut langka, sehingga mereka terpaksa menggunakan pupuk non subsidi yang harganya melambung.

Salah seorang tokoh petani di Kecamatan Tanah Jambo Aye, Sulaiman Amin, kepada wartawan mengatakan, pupuk subsidi tersebut kini sangat sulit diperoleh di pasaran. Padahal, petani sangat membutuhkan pupuk karena sudah memasuki musim tanam padi.

“Kami selaku petani tidak begitu paham soal bagaimana dan berapa stok pupuk yang disalurkan oleh pemerintah kepada distributor hingga sampai ke tangan petani. Yang jelas, saat memasuki musim tanam, pupuk subsidi selalu langka,” ujar Sulaiman, Jumat (15/11).

Sulaiman mengatakan para petani khususnya di Kecamatan Tanah Jambo Aye terpaksa harus membeli pupuk non subsidi seperti jenis NPK Phoska yang harganya mencapai Rp 200 hingga Rp 250 ribu per karung.

“Kami tidak mungkin tidak membeli pupuk, sementara tanaman padi butuh pemupukan karena masa musim tanam. Jadi mau tidak mau harus beli pupuk non subsidi,” ujarnya lagi.

Baca Juga  Ini Intruksi Walikota Langsa Terkait Kabut AsapĀ 

Dia mengatakan pupuk subsidi yang biasa digunakan yaitu pupuk subsidi merah jenis Urea. Pupuk tersebut sesekali didapatkan di kios-kios tertentu, namun bukan dalam jumlah besar.

“Paling sesekali kalau dapat di kios-kios tertentu. Itupun kita hanya boleh membeli secara eceran (kiloan). Kalau beli satu karung atau lebih tidak ada. Kami berharap pemerintah mohon untuk segera mencari solusi terkait masalah ini,” tandasnya.

Komentar

Berita Terbaru