oleh

Puskesmas Kutapanjang Diminta Menjadi Rumah Sakit

PENANEGERI, Gayo Lues – Salah satu tokoh masyarakat Tampeng Musara Kecamatan Kutapanjang, Gayo Lues, Jalaluddin, meminta tim Surveior Akreditasi Puskesmas, menyampaikan kepada Kemenkes Republik Indonesia, untuk menjadikan Puskesmas Perawatan Kutapanjang sebagai Rumah Sakit.

Pasalnya, fasilitas yang ada saat ini sudah lumayan memadai, begitu juga dengan pelayanan kesehatannya juga sudah baik, sehingga sangat wajar jika Puskesmas ini dijadikan Rumah Sakit, kata Jalaluddin, saat diminta tanggapannya oleh tim Surveior Akreditasi Puskesmas dalam lintas sektor, terkait kerjasama kesehatan antara Puskesmas, Muspika dan masyarakat, di Aula Puskesmas Kutapanjang, Rabu (28/11).

Hal tersebut turut diamini Pengulu Tampeng Musara, Umardin, sudah selayaknya di Kecamatan Kutapanjang memiliki rumah sakit, karena jarak tempuh dengan RSUD Gayo Lues saat ini memiliki rentang kendali yang lumayan jauh, sehingga Puskesmas ini merupakan jawabannya.

“Masyarakat kami banyak yang mengeluhkan jarak tempuh panjang ke RSUD yang berada di Kecamatan Dabun Gelang itu. Terutama bagi warga yang tidak memiliki kenderaan,” tutur Umar.

Baca Juga  Tim Surveior Akreditasi Kemenkes RI Kunjungi Puskesmas Kutapanjang

Selain itu, kata Umardin, berhubung kesempatan bertemu dengan pihak Kemenkes RI sangat langka, maka saat ini, dirinya juga memohon kepada tim Surveior Akreditasi Puskesmas untuk memfasilitasi pengusulan peralatan kesehatan yang masih belum ada di Puskesmas ini, untuk bisa dilengkapi oleh pihak Kemenkes.

“Sebab, jika mengandalkan APBK Gayo Lues, tentu tidak akan sanggup untuk melengkapi semua kebutuhan peralatan kesehatan dibelasan Puskesmas yang ada diwilayah Kabupaten julukan Negeri Seribu Bukit ini,” ujarnya.

Terkait hal itu, salah satu tim Surveior Akreditasi Puskesmas, Mismaini Noor, SKM, MKM, berjanji, usulan ini menjadi catatan dan akan dilampirkan dalam laporan nantinya.

“Saya juga melihat, tempat tidur diruang rawat inap yang dimiliki Puskesmas ini, sudah layak dijadikan Rumah Sakit,” katanya, seraya meminta tanggapan undangan lainnya.

Hadir dalam kegiatan itu, Camat Kutapanjang, Suardi, SE, Danramil, Kapten Inf Darno, Kapolsek Iptu Jon Beruh, Kapus Kutapanjang, Tripe Jaya, Blangjerango, para guru, para kader kesehatan dan Pengulu se Kecamatan Kutapanjang serta tokoh masyarakat.

Komentar

Berita Terbaru