oleh

Rafael Nadal Pertahankan Posisi Nomor Satu Dunia

PENANEGERI, Tenis – Rafael Nadal digambarkan sebagai sosok “luar biasa” setelah kembali ke posisi nomor 1 dunia untuk pertama kalinya dalam tiga tahun dan dikonfirmasi dalam rangking ATP terbaru yang dirilis kemarin, dilansir ESPN, Selasa (22/8).

Petenis berkebangsaan Spanyol itu, yang mengetahui bahwa dia akan merebut kembali KTT ATP seminggu yang lalu, terakhir menduduki puncak klasemen pria pada bulan Juli 2014 lalu.

Nadal yang kini berusia 31 tahun, yang memenangkan gelar Grand Slam ke-15 tahun ini di Roland Garros, menyingkirkan petenis asal Inggris Andy Murray yang mengundurkan diri dari turnamen di Montreal dan Cincinnati karena mengalami cedera pinggul.

Nadal yang telah menghabiskan 141 minggu di posisi teratas, sempat mengalami cedera lutut sejak pertama menjadi nomor 1 dunia pada Agustus 2008 setelah menjalani semifinal Cincinnati, dan akhirnya kembali ke posisi yang sama setelah bertahun-tahun.

“Menjadi nomor satu setelah semua hal yang telah saya alami selama beberapa tahun terakhir adalah sesuatu yang luar biasa,” ujar petenis asal Spanyol itu.

Nadal, yang tersingkir di perempatfinal Cincinnati pekan lalu oleh petenis asal Australia Nick Kyrgios, turun ke posisi 13 dalam rangking ATP di pertengahan 2015. Dan jalannya kembali ke puncak klasemen terjadi satu minggu sebelum Grand Slam ditutup di AS Open disambut oleh Chris Kermode yang merupakan presiden ATP.

“Untuk mendapatkan kembali peringkat nomor satu dalam sembilan tahun, benar-benar luar biasa dan belum pernah terjadi sebelumnya. Rafa telah menetapkan catatan yang luar biasa sepanjang karirnya dan yang satu ini sama mengesankannya. Ini menunjukkan dedikasi dan bahkan umur panjang yang luar biasa, dan kami mengucapkan selamat atas pencapaian menakjubkan ini,” terangnya.

Kemenangan Kyrgios ke final Western & Southern Open hari Minggu di Cincinnati membuatnya naik ke posisi 9 setelah mengalahkan petenis Bulgaria Grigor Dimitrov,  6-4, 7-5.

Sementara itu Garbine Muguruza dari Spanyol, naik tiga tempat ke posisi ketiga dalam peringkat WTA terbaru setelah menang di Cincinnati.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *