oleh

Ragam Hewan dan Tumbuhan Langka di Indonesia yang Dilindungi

-Sosial & Budaya-1.836 views

PENANEGERI, Flora dan Fauna – Jika kita bahas mengenai hewan dan tumbuhan langka di Indonesia tentu saja seperti mendongengkan jumlah semut yang sangat banyak. Ini karena beragam fauna dan flora di Indonesia sangat beragam.

Hal yang membuat Indonesia punya cukup keanekaragaman baik fauna dan flora yang banyak adalah karena Indonesia punya letak geografis yang begitu mendukung bagi perkembang biakan serta untuk tempat tinggal para fauna dan flora.

Ditambah lagi dengan iklim tropis di Indonesia ini yang menjadi salah satu faktor pendukung hal tersebut.

Berbagai macam tumbuhan dan juga hewan yang termasuk ke dalam jenis tumbuhan serta hewan langka itu disebabkan karena sekarang ini jumlah populasinya yang hanya sedikit.

Oleh karena itu tumbuhan dan juga hewan yang dimaksud tersebut kemudian di masukan dalam jenis yang langka dan juga dilindungi.

Sehubungan dengan hal yang sudah saya bahas tadi, mungkin akan muncul pertanyaan dalam benak anda seputar bagaimana masalah tumbuhan dan juga hewan langka

Oleh karena itu pada kesempatan kali ini kita akan mengulas seputar tumbuhan dan hewan langka di Indonesia.

Hewan dan Tumbuhan Langka di Indonesia

Agar kita dapat mengenal lebih jauh lagi mengenai keanekaragam fauna dan flora yang berada di Indonesia maka sebaiknya kita ketahui berbagai macam jenis hewandan tumbuhan yang ada di Indonesia seperti uraian berikut ini.

Jenis Hewan di Indonesia yang Dilindungi

Komodo

Merupakan salah satu jenis hewan mamalia yang hanya di miliki oleh Indonesia. Untuk nama latinnya adalah Varanus Komodensis.

Komodo termasuk dalam spesies kadal terbesar di dunia ini dan hanya ada dan hidup di Pulau Komodo, Rinca, Gili Montang, Flores juga Nusa Tenggara atau Gili Dasami. Pada daerah tersebut nama komodo lebih dikenal masyarakat daerah sekitar dengan sebutan “Ora”.

Anoa

Adalah hewan langka yang berasal dari daerah Sulawesi, sekarang ini populasi dari anoa juga mulai sedikit. Oleh sebab itu hewan anoa dimasukan pada jenis hewan yang langka.

Tumbuhan Langka di Indonesia

Kantong semar

Disebabkan karena jumlah populasinya yang mulai sedikit maka dari itu tumbuhan bernama kantong semar dimasukan ke dalam jenis tumbuhan langka.

Tumbuhan kantong semar ini mempunyai ciri ciri mempunyai kantong yang sering ia gunakan untuk menangkap serangan mangsanya.

Raflesia Arnoldi

Tumbuhan bernama rafflesia merupakan tumbuhan yang masuk jenis tumbuhan bunga. Raflesia ini hidup pada daerah Bengkulu.

Jenis tumbuhan yang memiliki ukuran diameter bunga hampir 1 meter. Tumbuhan rafflesia juga dikenal dengan bunga bangkai karena bisa mengeluarkan bau menyengat seperti bau busuk.

Tumbuhan ini termasuk dalam jenis tumbuhan langka karena saat ini populasinya sangat memprihatinkan karena jumlahnya menurun sangat drastic dari tahun ke tahun.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *