oleh

Realisasi Rendah, Penyaluran DD dan ADG di Bireuen Tahap ke 3 Akan Terkendala

PENANEGERI, Bireuen – Akibat realisasi serapan di lapangan masih rendah, penyaluran bantuan Dana Desa (DD) dan bantuan Alokasi Dana Gampong (ADG) untuk 609 desa di Bireuen belum bisa disalurkan.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Gampong, Perempuan dan Keluarga Berencana (DPMGP-KB) Bireuen, Bob Miswar, S.STP M.Si kepada wartawan, Sabtu (7/9) mengatakan, sejauh ini realisasi penggunaan DD dan ADG tahap kedua di Bireuen masih rendah.

“Realisasi serapan tahap pertama dan kedua di lapangan masih rendah, maka belum diketahui secara jelas, kapan penyaluran tahap ketiga atau tahap akhir tahun ini bisa dilakukan,” katanya.

Dijelaskan Bob Mizwar, seluruh realisasi penggunaan anggaran bantuan tersebut  terekam dalam aplikasi hingga ke Jakarta. Sementara laporan realisasi penggunaan anggaran bantuan di Bireuen baru mencapai 14,53 persen dari seluruh dana yang telah disalurkan hingga mencapai Rp 279 miliar lebih.

Untuk tidak terkendalanya penyaluran tahap ke tiga, tambah Bob Mizwar kita terus menggedor camat, agar terus mengingatkan perangkat desa, sehingga dana yang telah diterima segera digunakan untuk program yang telah disusun dalam Anggaran Belanja Pembangunan Gampong (APBG).

Baca Juga  Dijambret, Uang dan Hp Guru TK di Bireuen Raib

“Kami hampir setiap hari turun ke kecamatan,  mengingatkan para camat serta perangkat desa agar mempercepat penggunaan anggaran yang telah diterima, sehingga memudahkan pencairan tahap ketiga,” ungkapnya.

Disinggung penyebab realisasi rendah di lapangan, Bob Mizwar mengaku, kemungkinan besar terlambat pengerjaan untuk pekerjaan fisik, atau keterbatasan tukang atau tingkat kepedulian masyarakat kurang, sebab pekerjaan dilaksanakan dengan sistim swakelola lambat.

“Bila cepatnya laporan pertanggungjawaban sesuai pekerjaannya, maka akan mempercepat untuk proses pencairan bantuan DD dan ADG tahap akhir tahun ini,” sebutnya.

Selama ini, penyaluran DD tahap pertama 20 persen, tahap kedua dan ketiga masing-masing 40 persen. Sementara penyaluran ADG tahap pertama dan kedua masing-masing 30 persen dan tahap ketiga 40 persen.

Komentar

Berita Terbaru