oleh

Rektor : IAIN Langsa Terus Lakukan Pembenahan Disektor Layanan

-Aceh-32 views

PENANEGERI, Langsa – Memasuki periode kedua dari rencana strategis pengembangan IAIN Langsa, yakni periode 2019-2024, dengan sasarannya “Peningkatan Mutu Layanan”, IAIN Langsa terus melakukan pembenahan yang difokuskan pada standar mutu layanan.

Dimana seluruh program kerja baik jangka menengah maupun jangka pendek harus memiliki kontribusi terhadap peningkatan mutu. Memanfaatkan teknologi dan informasi di era revolusi Industi 4.0 ini, IAIN Langsa melakukan perubahan sistem kerja dan layanan dari manual ke digital.

Demikian disampaikan, Rektor IAIN Langsa, Dr Basri Ibrahim, pada acara wisuda mahasiswa dan mahasiswi, Kamis (28/11) di Laboratorium Terpadu IAIN Langsa.

Dijelaskannya, optimalisasi layanan digital atau digitalisasi layanan ini, dilakukan dengan meningkatkan kemampuan Sumber Daya Manusia (SDM) dan kapasitas di bidang IT.

Dalam mengoptimalkan digitalisasi layanan, IAIN Langsa akan mempersiapkan tata kelola managerial dan sistem digitalisasi secara modern dan memiliki kapasitas, profesional serta karakter yang baik.

Menurutnya, peningkatan mutu layanan sebagaimana dimaksud belumlah dapat dikatakan tercapai jika belum adanya penilaian dari pihak luar/eksternal yang menilai secara objektif, profesional, serta bebas dari segala kepentingan.

Baca Juga  Anak Dibawah Umur Mesum di Rumah Sakit Banda Aceh

Penilaian mutu oleh pihak eksternal melalui pelaksanaan akreditasi baik Institusi maupun Program Studi (Prodi) sebagaimana tertuang pada Undang Undang Nomor : 12 Tahun 2012 Tentang Pendidikan Tinggi dan Permendikbud Nomor : 87 Tahun 2014 tentang akreditasi program studi dan perguruan tinggi, kita sahuti secara positif sebagai iklim dan budaya akademik yang sehat  dan bukan suatu keterpaksaan dalam mengikuti regulasi pemerintah.

Menurutnya, dari berbagai peraturan dan perundang-undangan yang dikeluarkan oleh pemerintah tidak lagi memberikan ruang bagi penyelenggaraan pendidikan yang tidak bermutu,  hal ini tentunya menjadi beban moril bagi kita sebagai pengelola perguruan tinggi jika tidak dapat memberikan yang terbaik bagi masyarakat.

Sementara itu, Wakil Rektor Bidang Akademik dan Pengembangan Kelembagaan, Muhammad Suhaili Sufyan, hari ini IAIN Langsa mewisuda sebanyak 301 lulusan yang terdiri dari 72 laki-laki dan 229 perempuan.

Lanjutnya, 301 lulusan yang diwisuda itu dari Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan sebanyak 148 orang, Fakultas Syariah sebanyak 49 orang, Fakultas Ushuluddin, Adab, dan Dakwah sebanyak 61 orang serta Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam sebanyak 43 orang.

Baca Juga  Hambat Pembangunan, Menteri BUMN Diminta Copot Direksi PTPN I Langsa

Kemudian, dalam wisuda ini terdapat 9 wisudawati yang memperoleh Cumlaude diantaranya, Farazia Rezki Putri, S.Pd dari prodi Matematika, Indri Retnowati, S.H dari prodi Hukum tata negara Islam, Fitri Anita, S.H dari Hukum Ekonomi Syariah, Khairunnisa, S.Pd, prodi Pendidikan Agama Islam, Syahriani Galingging, S.E, prodi Perbankan Syariah, Evilia Purnamasari, S.E, prodi Perbankan Syariah, Lia Hartina, S.Sos., prodi Bimbingan dan Konseling Islam, Erlina, S.Pd. prodi PGMI serta Wiwid Anggiasari, S.Sos, prodi Bimbingan dan Konseling Islam.

Komentar

Berita Terbaru