oleh

Resmikan Ides Cafe, Wakil Walikota Langsa Video Call dengan Menteri BUMN

-Aceh-207 views

PENANEGERI, Langsa – Wakil Walikota Langsa, Dr H Marzuki Hamid, MM, meresmikan Internet Desa (Ides) Cafe, Selasa (10/9), di Hutan Manggrove setempat. Sebelum meresmikan Ides Cafe, Wakil Walikota sempat melakukan video call sekitar 3 menit dengan Menteri BUMN RI, Rini Soemarno.

Selain Kota Langsa, peresmian Ides Cafe secara nasional juga dilakukan dibeberapa daerah yakni Makasar, Samarinda, Balik Papan, Wonosobo, Tasik Malaya dan Belitung Timur.

Dalam kesempatan tersebut, Wakil Walikota mengucapkan terima kasih kepada Menteri BUMN yang menyaksikan langsung peresmian Ides Cafe salah satunya di Kota Langsa. Dengan adanya Ides Cafe yang terhubung secara nasional, maka ini membuka peluang bagi Kota Langsa untuk mempromosikan hasil hutan manggrove non kayu yang diolah menjadi berbagai sumber pangan yakni syrupp, dodol, manisan dan berbagai produk lainnya.

Selain itu, kata Wakil Walikota, dengan keberadaan internet desa kita berharap penyelenggaraan pemerintahan, pembangunan, pembinaan kemasyarakatan, dan pemberdayaan masyarakat di gampong menjadi lebih baik, efektif, efisien, transparan, dan akuntabel, karena keberadaan internet desa ini dapat dimanfaatkan untuk transparansi anggaran.

Baca Juga  Ini Nama-nama Anggota DPRK Langsa Terpilih Periode 2019-2024

Dengan aplikasi anggaran gampong melalui internet, pemerintah gampong dapat update penggunaan anggaran di website gampong dan warga bisa memantau realisasi anggaran tersebut.

Selain itu, dengan adanya internet desa kita bisa berjualan online melalui internet. Produk-produk unggulan gampong bisa dipasarkan bukan hanya dilokal gampong, tetapi bisa menembus pasar luar negeri sehingga produk gampong bernilai lebih tinggi dan akses pasar lebih luas.

“Keberadaan internet desa juga seharusnya memudahkan antar gampong membangun jejaring kerjasama dalam konsep pembangunan kawasan perdesaan,” ujarnya.

“Saya berharap Ides Cafe ini bisa dikembangkan diseluruh gampong dalam wilayah Kota Langsa. Sehingga, produk-produk gampong bisa dipromosikan hingga ke luar negeri. Atas peresmian ini saya mengucapkan terima kasih kepada Icon Plus, Pelabuhan Kuala Langsa Energi (PKLE), PLN dan pihak-pihak lainnya,” tutupnya.

Peresmian Ides Cafe itu dihadiri oleh Sekda Kota Langsa, Syahrul Thaib, Asisten I Pemko Langsa, Suriyatno, AP, M.SP, Kepala Dinas Kominfo Langsa, Yanis Prianto, SE, M.Si dan tamu undangan lainnya.

Komentar

Berita Terbaru