oleh

Ribuan Massa Aksi Serikat Pekerja Bergerak Serentak Menuju DPR RI

PENANEGERI, Jakarta – Ribuan massa aksi gabungan dari Konfederasi Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (KSPI) pimpinan Ir. Said Iqbal, Eddy Kuncoro, Rohman, dan Numan Fauzi bergerak serentak memenuhi jalan arteri di depan pintu 9 GBK Flyover Gerbang Pemuda di depan Restoran Pulau Dua, Rabu (2/10) sekitar pukul 11.30 WIB.

Pantauan Penanegeri.com, gabungan massa dari KSPI, FSPMI, SPAMIK FSPMI dan elemen lainnya masih terus berdatangan dari arah TVRI dan arah Semanggi untuk ikut melakukan aksi unjuk rasa.

Mereka terus bergerak menuju ke gedung DPR RI namun tertahan di depan restoran Pulau Dua oleh Road Barrier penghalang dari beton dan kawat berduri dengan penjagaan ratusan petugas kepolisian.

(Penanegeri/Ryan) : Ribuan massa buruh penuhi jalan arteri di depan pintu 9 GBK hingga Restoran pulau dua hendak menuju gedung DPR RI, Rabu (2/10).

Massa yang bergerak kali ini menolak kenaikan iuran BPJS Kesehatan, menolak revisi UU No 13 Tahun 2003, menolak upah murah/cabut PP 78 tentang pengupahan dan Bubarkan BPJS kembali ke Jamsostek.

Spanduk dan poster yang turut dibentangkan diantaranya : ‘Tolak Revisi Undang-Undang No 13 Tahun 2013 PHK Tanpa Pesangon’, ‘Tidak ada dana pensiun, Outsourcing’.

Baca Juga  Amankan Demo di DPR RI, Ini Jumlah Personel Gabungan yang Disiagakan

Ada juga poster unik nan lucu yang dibawa massa berbunyi : ‘DPR RI ojo ninggal kenangan pait ndan pada karo mantanku’.

‘Tolak RUU No 13 Th 2003 tentang ketenagakerjaan. Kami Rakyatmu sekaligus korban janjimu’.

‘Woii DPR Rakyat Berkunjung Tolak Revisi UU 13 Th 2004. Buruh Bersatu melawan penjajahan bentuk baru’.

Orasi yang disampaikan oleh para orator massa antara lain bernarasi : “Kami ucapkan selamat bertugas kepada anggota DPR yang baru semoga dalam melaksanakan tugasnya dapat mendengar aspirasi rakyat dan memberikan solusi atas keresahan yang ada dimasyarakat. Semalam kami mendengarkan pidato dari ketua DPR yang baru Ibu Puan Maharani, semoga semua yang terucap dari pidato ibu dapat kami percaya dan dapat memakmurkan kami kaum buruh,” ucap para orator massa dalam narasi aksinya.

“Kami meminta kepada anggota DPR yang baru dilantik kemarin lihatlah langsung kondisi buruh di lapangan karena banyak dari hak-hak mereka yang dijajah oleh tikus-tikus gendut yang hanya mencari keuntungan,” teriak sang pendemo.

Baca Juga  Hingga Malam, Personel Gabungan Terus Bubarkan Paksa Massa Hingga Slipi

Narasi – narasi aksi yang disuarakan dalam aksi ini juga intinya ingin agar aspirasi didengar oleh DPR.

“Aksi kita adalah aksi yang damai oleh karena itu kami minta kepada bapak dan ibu anggota DPR melihat dan menerima aspirasi kami, dalam aksi kami tidak pernah membuat kerusuhan tidak seperti aksi-aksi yang kemarin-kemarin berlangsung. Kami adalah para pekerja bukan pengangguran oleh karena itu kami selalu menepati waktu dan sesuai dengan peraturan yang berlaku dinegara ini,” teriak orator massa yang disambut gegap gempita massa aksi.

Hingga kini, massa aksi telah bergerak hingga pintu keluar Tol Slipi. (red)

Komentar

Berita Terbaru