oleh

Rosita, Gadis Cilik Asal Aceh Tangah yang Terlunta di Bireuen Kini Diasuh Keluarganya

PENANEGERI, Bireuen – Gadis cilik Rosita (5), asal Desa Blang Kekumur, Kecamatan Celala, Kabupaten Aceh Tengah yang sempat terlunta-lunta bersama ayahnya, Ramli A (53) akhirnya dikembalikan dan diasuh pihak keluarganya, Senin (21/1).

Sebelumnya gadis yang periang ini sempat terlunta-lunta di kawasan hutan belantara, Krueng Simpo, Kecamatan Juli, Bireuen akibat sering dibawa oleh ayahnya, Ramli yang diduga mengalami gangguan jiwa.

Kehadiran Rosita dan ayahnya ini sempat viral, setelah beredarnya video di media sosial beberapa bulan lalu dan Ia dibawa berjalan kaki dan sering masuk hutan.

Setelah dilakukan koordinasi dengan Dinas Sosial Aceh Tengah, akhirnya Dinsos Bireuen melakukan penyerahkan Rosita ke pihak keluarganya dan difasilitasi kedua instansi ini, Senin (21/1).

Sementara ayah Rosita, Ramli kini dirawat di Unit Pelayanan Kesehatan Jiwa dan Psikologi (UPIP) rumah sakit umum daerah (RSUD) dr Fauziah Bireuen setelah dijemput paksa oleh Polsek Juli, didampingi pejabat dari Dinsos Bireuen dan Aceh Tengah, serta Camat Juli.

“Untuk sementara waktu, bapak Ramli ini kita rawat di UPIP, sedang puterinya kami serahkan ke pihak keluarga dan difasilitasi oleh Dinsos Aceh Tengah,” kata Kadinsos Bireuen, Drs Murdani kepada Pananegeri.com, Senin (21/1).

Baca Juga  Direktur RSUD Aceh Tamiang Mengundurkan Diri, Gadjah Puteh : Kok Baru Sekarang

Hal ini, tambah Murdani, kita lakukan setelah berkoordinasi dengan Dinsos Aceh Tengah, sebagai upaya pertumbuhan dan kehidupan Rosita kelak.

“Rosita ini butuh pendidikan, butuh kasih sayang, butuh belaian serta harus memiliki rekan bermain sesama dan harus tetap terawat dengan baik,” sebutnya.

Samentara itu, Camat Celala, Aceh Tengah, Salman Nuri sangat berterima kasih kepada Pemda Bireuen dan semua pihak yang telah membantu pemulangan Rosita serta membantu proses ayahnya untuk berobat di UPIP Bireuen.

“Untuk Rosita sendiri nantinya akan dirawat oleh bibinya di Calala, dan kita akan berkoordinasi dengan keluarganya dan melapor kepada pimpinan daerah di Aceh Tengah agar Rosita ini mendapat penanganan khusus dari pemerintah nantinya,” jelasnya.

Disisi lain, Camat Celala juga mengatakan, akan berupaya agar Ramli, bapak Rosita ini mendapatkan bantuan rumah, serta usaha bengkel, sehingga nantinya setelah sembuh dari pengobatan kembali bisa menjalani kehidupan dengan keluarganya.

“Nanti akan kita upayakan semaksimal mungkin, apa lagi Rosita ini masih kecil dan kita harapkan dapat diasuh dengan baik demi masa depannya,” pungkasnya.

Komentar

Berita Terbaru