oleh

Saat Gudang Terbakar, Petugas Pemadam Bireuen Berjibaku Jinakkan Api 

PENANEGERI, Bireuen – Sejumlah petugas Pemadam Kebakaran Bireuen terpaksa berjibaku menjinakkan kobaran api, saat satu unit gudang berkonstuksi kayu, di Jalan Kuala Raja, Kecamatan Kuala, Kabupaten Bireuen terbakar, Kamis (29/11).

Tidak ada korban jiwa pada peristiwa itu, sementara seluruh isi dalam gudang itu ludes dilalap si jago merah.

Sebelumnya, pihak pemadam kebakaran mendapat laporan dari warga, bahwa telah terjadi kebakaran. Selanjutnya empat unit armada roda empat langsung meluncur ke lokasi kejadian.

Terakhir api berhasil dipadamkan, sehingga tidak meluas ke pemukiman, termasuk beberapa unit rumah di kawasan tersebut.

Peristiwa kebakaran gudang itu diperagakan petugas Pemadam Kebakaran Bireuen, saat simulasi bencana kebakaran dalam rangka memperingati HUT ke-98 Damkar, di Pantai Kuala Raja, Kuala.

Simulasi itu turut disaksikan Wakil Bupati Bireuen, Dr H Muzakkar A Gani, SH, M.Si, unsur Forkopimcam, perangkat pemerintahan gampong dan lembaga adat gampong setempat.

Muzakkar A Gani dalam arahannya mengatakan, simulasi yang dilaksanakan ini bertujuan, memberikan pemahaman petugas pemadam kebakaran, cara menanggulangi bencana kebakaran sehingga tidak terjadi kepanikan.

Baca Juga  Waktu Bersamaan, Dua Unit Rumah di Bireuen Terbakar

“Seluruh pelajaran selama simulasi ini dapat bermanfaat, sehingga nanti di lapangan saat  menghadapi berbagai bencana, dapat teratasi  seperti haknya slogan, Pantang Pulang Sebelum Padam, Walaupun Nyawa Jadi Taruhan,” sebutnya.

Sementara itu Kepala Pelaksana (Kalak) Badan Penanggulangan Bencana Daereh (BPBD)  Bireuen, Muhammad Nasir, SP M.SM dalam laporannya mengaku, digelarnya simulasi ini sebagai pelaksanaan kegiatan dan mengaplikasikan teknik penanggulangan dan pemadaman kebakaran.

“Simulasi ini salah satu bentuk kerjasama, kepekaan petugas dengan memanfaatkan media peralatan pemadam, termasuk cara penggunaannya ditengah-tengah kepanikan saat terjadi bencana kebakaran,” terangnya.

Komentar

Berita Terbaru