oleh

Sandiaga dan Nur Asia Uno Gelar Baksos Kemerdekaan di Cilincing, Jakarta Utara

PENANEGERI, Jakarta — Dalam rangka merayakan Hari Kemerdekaan Indonesia yang ke-74, Yayasan Abang Mpok Sahabat Anak (YAMSA), dibawah pimpinan Nur Asia Uno, melakukan kegiatan bakti sosial di PAUD Nelayan Mutiara Bambu, Kecamatan Cilincing, Jakarta Utara.

Dalam bakti sosial tersebut,Sandiaga Uno turut hadir di acara YAMSA dan memberikan sosialisasi kepada orang tua murid dari 60 murid PAUD mengenai hak-hak anak dan juga apa saja bentuk dari kekerasan terhadap anak.

“Kekerasan terhadap anak-anak masih sering terjadi, namun belum banyak yang melaporkan kepada pihak yang berwajib. Melalui inisiatif ini, YAMSA ingin membekali anak-anak usia 5 sampai dengan 7 tahun untuk mengetahui bentuk-bentuk kekerasan terhadap anak yang harus diketahui dan apa yang perlu diperbuat oleh mereka,” jelas Nur Asia Uno, Ketua Umum YAMSA.

Selain itu, kegiatan donasi yang dilakukan YAMSA juga termasuk melakukan GERIMIS atau Gerakan Indonesia Minum Susu dan program Sarapan Untuk Negeri, yang bertujuan untuk menekankan pentingnya sarapan dan minum susu bagi pertumbuhan anak yang optimal.

Tidak lain dari perayaan hari kemerdekaan, sejumah lomba 17an juga diadakan YAMSA untuk menghibur murid-murid PAUD Mutiara Bambu.

“Saya ingin di 17 Agustus ini anak-anak dari keluarga prasejahtera dapat turut merasakan kebahagiaan di hari kemerdekan Indonesia. Anak-anak berhak menikmati masa kecilnya dengan bermain dan atas kasih sayang dari orang tua maupun lingkungannya,” Sandiaga Uno menambahkan mendukung kegiatan ini yang kehadirannya disambut dengan lagu 17 Agustus 1945 oleh anak-anak nelayan Cilincing.

Sejak berdiri pada 2015 silam, YAMSA telah melakukan berbagai kegiatan sosial demi meningkatkan kesadaran masyarakat, terutama anak-anak dan orang tua, mengenai hak-hak anak dan bentuk kekerasan terhadap anak yang seringkali terjadi tanpa disadari.

Berdasarkan visi dan misi YAMSA, Nur Asia Uno mengatkan, “Saya sangat berbahagia dapat mengambil bagian dalam kegiatan anak-anak ini.”

Nur Asia Uno berharap bahwa orang tua menyadari hak anak-anak akan bermain, belajar serta perlindungan, sehingga mereka dapat tumbuh kembang secara optimal baik fisik maupun mental.

Sekilas Tentang YAMSA

YAMSA (Yasayan Abang Mpok Sahabat Anak) berdiri sejak 2015, adalah yayasan sosial nir laba, lintas agama dan budaya, lintas suku dan golongan serta lintas profesi dan lapis sosial, dengan berfokus melakukan bakti sosial pada anak-anak yang termarjinalisasi karena tindak kekerasan.

YAMSA bersasaran meningkatkan kesadaran atas hak-hak asasi anak dengan cara memberikan penyuluhan hak anak sesuai dengan undang – undang perlindungan anak, pencegahan tindak kekerasan , dan tata cara pelaporan bila terjadi tindak kekerasan pada anak di lingkungan mereka. Serta memberikan bantuan sosial.

YAMSA berkomitmen untuk mengangkat dan menghormati harkat dan martabat anak Indonesia. (red)

Komentar

Berita Terbaru