oleh

Sandiaga Kagumi Potensi Masjid Kiai Merogan Palembang

PENANEGERI, Palembang — Calon Wakil Presiden nomor urut 02 Sandiaga Salahudin Uno kagum
Akan potensi wisata religi Mesjid Kiai Merogan yang berada di Jalan Inklaring Kertapati Palembang, Sumatera Selatan.

Masjid Ki Merogan merupakan salah satu mesjid tertua di Palembang, Sumatera Selatan. Masjid ini didirikan pada tahun 1870 semasa penjajahan Belanda. Penamaan masjid sendiri diambil dari nama julukan ulama besar Palembang yaitu Masagus Abdul Hamid bin Mahmud atau lebih dikenal dengan julukan Ki Merogan.

Banyak potensi yang bisa dimaksimalkan untuk menambah nilai ekonomi bagi masyarakat di sekitarnya, termasuk sebagai pusat ekonomi santripreneur dan UMKM.

“Lihat saja tempat ini. Mesjid tua yang punya nilai historis, ziarah ke makam salah satu tokoh penyebaran agama Islam di Palembang, Masagus KH Abdu’ Mahmud bin MGS H Mahmud, juga ada tempat yang instragammable banget, makan sambil melihat pemandangan sungai Musi,” terang Sandi.

Sandi menambahkan 9 dari 10 pintu rejeki adalah melalui perniagaan.

Santri bisa menjadi kekuatan dahsyat untuk memperbaiki ekonomi umat yang tengah terpuruk.

“Kita lihat di sini, ekonomi kerakyatan bisa terbangun di sekitar mesjid. Wisata religi bisa menambah pendapatan masyarakat, seraya terus menerus mengingat apa yang dilakukan tokoh- tokoh agama ini dalam memberdayakan ekonomi umat,” tutup Sandi.

Sandi sejak Minggu (10/11/2018) berkeliling ke Sumatera untuk menyerap aspirasi masyarakat. Dari Sumatera Utara, Pekanbaru Riau dan Palembang. (*)

Komentar

Berita Terbaru