oleh

Sandiaga Salahudin Uno Datangi Pasar Besar Sukoharjo Malang, Pedagang Pada Curhat

PENANEGERI, Malang — Sandiaga Salahudin Uno langsung mendengar curhat (curahan hati) pedagang sayur-mayur Laili Kurniawati (40) begitu memasuki Pasar Besar Sukoharjo Malang, Jumat (23/11/2018). Laili mengeluhkan soal harga-harga yang naik turun. Ini menyulitkan dirinya dan pedagang dalam berjualan.

 

“Kalau bisa pak, harga dibikin stabil. Jangan naik turun. Apalagi kalau sering naik dan jarang turun. Ini membuat pedagang susah Pak. Juga pembeli. Ekonomi ini sepi pak,” kata Laili dengan mimik serius.

Tidak hanya sampai di situ, Laili juga meminta Sandi agar memperhatikan biaya pendidikan dan kesehatan.

Bagi orang kecil seperti dirinya, Laili mengaku akan sulit mewujudkan cita-cita menyekolahkan anaknya hingga perguruan tinggi.

“Untung dari berjualan sangat sedikit pak. Cuma cukup untuk kebutuhan sehari-hari saja. Kalau bisa perhatikan juga biaya kesehatan dan pendidikan,” terangnya.

Sandi pun membeli buncis dan wortel setengah kilo seharga Rp 15.000. Ketua Umum Asosiasi Pedagang Pasar Seluruh Indonesia (APPSI) ini.

“Ini saya kasih apel juga buat Ibu Laili,” kata Sandi. Lalili senang mendapatkan apel dan menyimpan uang kembalian Sandi.

Usai mendengarkan Curhat Lalili, Sandi bertemu dengan Syaiful penjual tempe.

Ada yang menarik dari lapak saiful, dia membuat tempe kacang. Tempe berwarna cokelat kehitaman.

Menurut Saiful ini lebih bergizi ketimbang tempe biasa.

 

“Harganya Rp 6000 pak tempe kacang ini. Lebih sehat,” kata Saiful.

Saiful sendiri mengaku harga tempe cukup stabil. Meski ada naik turunnya. Saiful juga ketiban rejeki.

Sandi membeli tempe Rp. 10.000,- dan Tempe Kacang seharga Rp. 6.000,- Sandi meminta Saiful untuk menyimpan kembaliannya.

“Penglaris,” kata mantan Wakil Gubernur DKI ini singkat.

Menurut Sandi yang sudah keliling 700 titik hampir seluruh Indonesia ini, kembali menyatakan permintaan harga-harga kebutuhan pokok agar stabil dan terjangkau bukan datang dari dirinya. Tapi keluhan yang datang dari masyarakat.

“Kita dengar sendiri kan, apa kata Ibu Laili dan pedagang pasar lainnya. Ini yang saya dengar tiap kali turun ke masyarakat, mereka ingin harga-harga kebutuhan pokok yang stabil dan terjangkau,” ucapnya.

Probowo-Sandi akan fokus pada ekonomi. Ekonomi dengan kebijakan yang berpihak kepada rakyat.

Ekonomi yang fokus pada harga-harga sembako yang stabil dan terjangkau, juga penyediaan dan penciptaan lapangan kerja bagi segenap anak negeri. (*)

Komentar

Berita Terbaru