oleh

Sandiaga Uno di-pesejeuk dan Ziarah ke Makam Sultan Iskandar Muda

PENANEGERI, Banda Aceh — Calon Wakil Presiden nomor urut 02 Sandiaga Salahudin Uno melanjutkan perjalanannya menyerap aspirasi masyarakat Aceh dengan mengunjungi Makam Iskandar Muda, hari Selasa (20/11).

Pahlawan Nasional asal Aceh yang juga membawa Serambi Mekah pada kejayaannya, baik bidang pertahanan maupun ekonomi di era 1600-an.

“Di zaman Sultan Iskandar Muda ini Aceh mengalami masa kejayaannya. Tidak hanya dalam bidang politik, tapi juga ekonomi yang melakukan hubungan dagang dengan Eropa dan disegani di kawasan Asia. Ini bisa menjadi pembelajaran untuk kita semua. Kejayaan-Kejayaan Kerajaan dan Kesultanan di seluruh Indonesia. Kita bikin kembali Indonesia Great,” kata Sandi.

Cawapres yang berpasangan dengan Prabowo Subianto ini kemudian di-pesejeuk (di- tepung tawari) di dalam gedung kesultanan. Dia disambut keturunan Raja-Raja Aceh, salah satunya adalah keturunan Raja Meureuhom Daya, Raja Saifullah.

Sandi beberapa kali menyatakan kegemasannya dengan ekonomi Indonesia yang banjir impor, khususnya kebutuhan yang bisa diproduksi di dalam negeri sendiri.

Ketergantungan ini bisa membuat ekonomi Indonesia terpuruk. Hanya menjadi penonton bukan pemain. Indonesia hanya menjadi pasar, tapi tidak sebagai produsen.

“Bayangkan dengan bonus demografi yang begitu besar di 2020, sekitar 120 juta anak muda, ini bisa menjadi anugerah tersendiri. Tapi jika tidak ada perbaikan dalam kebijakan maupun regulasi ekonomi, kita hanya menjadi penonton,” demikian kata Sandi. (*)

Komentar

Berita Terbaru