oleh

Sandiaga Uno Kunjungi Sentra UMKM Tanduk dan Kayu di Pucang Magelang

 

PENANEGERI, Magelang — Calon Wakil Presiden nomor urut 02 Sandiaga Salahudin Uno mengunjungi sentra kerajinan industri kayu dan tanduk ‘Subur Souvenir’ milik Sohib di Pucang Secang Magelang, hari Sabtu (17/11/2018).

 

Mantan Wakil Gubernur DKI ini, melihat langsung proses pembuatan berbagai produk olahan tanduk dan kayu tersebut sehingga bisa dibuat menjadi alat penggaruk, alat pijit, hingga gantungan kunci.

Menurut Sandi para pengrajin masih membutuhkan pendampingan dan pengelolaan keuangan.

“Seperti pak Sohib ini, dia bingung ketika dikejar pajak. Padahal dia belum tahu pemasukan dan pengeluarannya. Ini yang dibutuhkan. Kami akan fokus pada pengembangan UMKM, karena industri inilah denyut ekonomi Indonesia sesungguhnya,” jelas Sandi.

Kondisi para pengrajin yang sulit memisahkan keuangan usaha dengan keluarga, serta kebingungan mengembangkan usahanya, menurut Sandi harus ada solusinya. Jangan sampai sentra UMKM di desa Pucang jalan di tempat.

“Kami akan membuat Gerakan Ekonomi Rakyat (Gerak) One Kabupaten/Kota One Center for Entrepreneurship (OK OCE). Gerak OK OCE sudah mulai akan kita perkenalkan di setiap daerah yang akan kita kunjungi. Tiap daerah akan punya nama sendiri, disesuaikan dengan karakteristik masing-masing. Karena setiap kota atau kabupaten punya ciri khasnya,” terang Sandi.

Mantan Pengusaha ini juga menyebutkan gerakan-gerakan OK OCE yang sebelumnya sudah berjalan akan dimaksimalkan. Seperti ‘Ayo Obah’ di Jawa Tengah, ‘Asyikpreuner’ di Jawa Barat dan ‘OK OCE Kito’ di Sumatera Selatan.

“Akan kita ciptakan gerakan yang kolaboratif dan partisipatif dari masyarakat. Gerakan ekonomi yang datang dari, oleh dan untuk masyarakat. Dari sekarang juga, kita bersama-sama menjemput perubahan ekonomi di negeri ini. 2019 harus ada pemerintahan yang kuat dan fokus pada masalah ekonomi, khususnya pada penyediaan dan penciptaan lapangan kerja serta harga-harga kebutuhan pokok yang stabil dan terjangkau,” papar Sandi dengan rasa optimis. (*)

Komentar

Berita Terbaru