oleh

Satpol PP Tertibkan APK Caleg di Lhoksukon

-Aceh, Politik-37 views

PENANEGERI, Aceh Utara – Panitia Pengawas Pemilihan (Panwaslih) Aceh Utara bersama Satpol PP kabupaten setempat yang diback-up Personel Polres Aceh Utara melakukan penertiban terhadap alat peraga kampanye (APK) di Kota Lhoksukon, Senin (28/1).

Penertiban APK berupa spanduk dan baliho calon legislatif (Caleg) yang dipasang di tempat-tempat terlarang tersebut dilakukan sekitar pukul 09.30 WIB pagi tadi.

“Kegiatan ini kita lakukan di ibu kota kabupaten yaitu di Kota Lhoksukon, khususnya di tempat-tempat yang memang tidak dibolehkan dipasang. Karena pemasangan APK tersebut telah diatur dalam peraturan dan ketentuan yang berlaku,” kata Ketua Panwaslih Aceh Utara, Yusriadi, SE kepada Penanegeri.com.

Ia juga mengatakan, namun sebelum penertiban iti dilakukan, tadi ada juga beberapa APK yang terlihat ditertibkan sendiri tim caleg tertentu.

“Untuk tetap menjaga aturan ataupun ketentuan yang berlaku, kita berharap kepada pihak-pihak terkait untuk ke depannya agar lebih mengutamakan kesadaran sendiri dalam menjaga aturan-aturan itu, sehingga pemasangan APK tidak melanggar,” jelas Yusriadi.

Baca Juga  Terkait Pergantian Kepala BPKS, YARA : 17 dari 18 Geuchik di Sabang Dukung Kebijakan DKS

Sebagaimana diketahui bersama, pemasangan APK Caleg telah diatur secara mendetail pada peraturan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Nomor 23 Tahun 2018. Bahkan, dalam pasal 34 ayat 5 Peraturan KPU Nomor 23 Tahun 2018 disebutkan bahwa pemasangan alat peraga kampanye itu harus mempertimbangkan etika, estetika, kebersihan, dan keindahan kota atau kawasan setempat sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

Komentar

Berita Terbaru