oleh

Sejak Dini Siswa di kawasan Pelosok Perbatasan RI-PNG diajarkan Keahlian Berkebun

 

MERAUKE —  Dalam rangka Outing Class, Satgas Yonif MR 411/PDW Kostrad ajarkan siswa perbatasan berkebun, karena sayuran dan buah menjadi salah satu asupan penting bagi pertumbuhan anak.

Hal inilah yang mendasari personel Satgas Yonif MR 411/PDW Kostrad Pos Bupul 13 menggelar “Outing Class” dengan tema berkebun bagi siswa-siswi yang ada diperbatasan RI-PNG tepatnya di SD Inpres Bupul 13, Kampung Kir-elly, Distrik Ulilin.

Demikian disampaikan oleh Dansatgas Yonif Mekanis Raider 411/PDW Kostrad Mayor Inf Rizky Aditya S.Sos., M.Han., dalam rilis tertulisnya di Distrik Eligobel, Merauke, Papua, Minggu(1/12/2019).

Dansatgas mengungkapkan, dalam rangka membangun kedekatan antara TNI, guru dan siswa melalui kegiatan belajar yang ceria dan menyenangkan, pada hari Sabtu(29/11) Danpos Bupul 13 Letda Inf Yusri Khoirudin bersama 4 orang anggotanya mengadakan kegiatan “Outing Class” dengan tema berkebun yang meliputi cara menanam sayuran dan panen buah di Kebun Pos Bupul 13.

Lanjutnya Mayor Inf Rizky, metode pembelajaran seperti ini merupakan yang pertama kali dilaksanakan di SD Inpres Bupul 13, dengan harapan dapat bersikap bijak dalam memperlakukan alam sekitar beserta sosio kulturalnya. Karena setiap hari belajar di dalam ruang kelas dinilai sudah biasa, maka tidak ada salahnya kita memberikan sesuatu yang beda pada proses eduksi positif yang patut dicoba.

“Dalam Outing Class ini anak-anak diajarkan langsung oleh personel Pos Bupul 13 cara menanan sayur sekaligus cara merawatnya, selain itu dikenalkan juga macam-macam sayuran. Kemudian anak-anak diajak untuk memanen sayuran dan buah Semangka yang ada di Kebun Pos Bupul 13 tersebut,” ucap Alumni Akmil tahun 2003 tersebut.

Tambahnya, kegiatan yang dilaksanakan di kebun milik Pos Bupul 13 ini bertujuan memberikan pelajaran kepada siswa secara langsung tentang berkebun. Mulanya, di dalam kelas mendengarkan penjelasan dan arahan dari Letda Inf Yusri Khoirudin selaku Danpos Bupul 13, kemudian barulah dilanjutkan dengan praktek langsung menanam dan memetik hasil kebun.

Sementara itu Kepala Sekolah SD Inpres Bupul 13 Ibu Ona Bernandus, S. Pd.K , menyampaikan sangat mengapresiasi dan berterimakasih kepada Satgas Yonif MR 411/PDW Kostrad dalam hal ini Pos Bupul 13 telah menggelar kegiatan “Outing Class” yang sangat bagus dan mendidik siswa-siswinya, “ini adalah yang pertama dan sangat bagus, terimakasih bapak-bapak TNI penjaga tapal batas,” ucapnya.

Terpisah, Letda Inf Yusri Khoirudin yang merupakan alumni Akmil tahun 2018 tersebut mengatakan, kami laksanakan kegiatan ini untuk mengenalkan cara belajar yang menyenangkan dan ceria. Harapannya setelah kegiatan ini anak-anak akan mengetahui cara berkebun dan manfaat dari mengkonsumsi sayuran sebagai asupan gizi yang sangat bagus untuk meningkatkan kecerdasan. (pen/red)

Komentar

Berita Terbaru