oleh

Sejarah Hari Bela Negara 19 Desember 2019, Diperingati Korem 091/ASN dengan Upacara Bendera

PENANEGERI, Samarinda – Hari Bela Negara atau HBN adalah hari bersejarah Indonesia yang diperingati setiap 19 Desember.

Pada 19 Desember 2019 adalah peringatan Hari Bela Negara ke-71, hal ini yang dilakukan Korem 091/Aji Surya Natakesuma (ASN) dengan menggelar upacara bendera yang diikuti ratusan Prajurit dan Pegawai Negri Sipil (PNS), bertempat di Makorem 091/ASN Jl. Gajah Mada Kota Samarinda Provinsi Kalimantan Timur, Kamis (19/12/2019).

Amanat Presiden RI dibacakan Kasrem 091/ASN Kolonel Inf Ruslan Effendi sebagai Inspektur upacara (Irup) mengungkapkan semenjak Mr. Syafroedin Prawira negara mendirikan Pemerintah Darurat Republik Indonesia (PDRI) pada tanggal 19 Desember 1948 di Bukit Tinggi untuk membela kelangsungan hidup bangsa dan negara, berbagai wujud bela negara telah susul-menyusul silih berganti, untuk menunjukkan kepada dunia bahwa Negara Kesatuan Republik Indonesia tetap dan akan terus eksis untuk selama-lamanya”.

“Dewasa ini, kita sama-sama cermati bahwa tantangan yang dihadapi bangsa dan negara kita, semakin hari semakin berat dan beragam bentuknya. Sebagaimana yang telah diingatkan oleh Bung Karno, bahwa perang modern bukan sekedar perang militer, melainkan peperangan yang menyangkut seluruh aspek kehidupan masyarakat. Dengan demikian, tidak hanya militer yang berperan membangun ketahanan Indonesia, tapi juga menuntut peran seluruh komponen bangsa demi kelangsungan hidup dan keutuhan NKRI”, jelasnya.

“Semakin beragamnya ancaman, gangguan, hambatan dan tantangan yang dihadapi bangsa ini, hanya bisa kita hadapi dengan keberagaman keahlian yang saling terkait dan mengisi. Di sinilah terletak relevansi tekad kita untuk mewujudkan SDM Unggul demi kemajuan Indonesia yang kita canangkan sebagai tema peringatan kemerdekaan Negara Kesatuan Republik Indonesia yang ke-74. Manusia Indonesia yang unggul adalah prasyarat utama untuk mengisi kemerdekaan sebagai modal dasar pembangunan kita di segala bidang. Kemerdekaan ini jualah yang menjadi pedoman bagi kita semua untuk melaksanakan bela negara”, ujarnya. (pen/red)

Komentar

Berita Terbaru