oleh

Sejumlah Lahan di 3 Kabupaten Kota di Aceh Terbakar

-Aceh, Peristiwa-21 views

PENANEGERI, Banda Aceh – Kebakaran lahan kembali terjadi di tiga kabupaten/kota di Aceh, yakni di Lhoksumawe, Nagan Raya dan Aceh Barat, Jumat (8/3).

Hal ini dikatakan Kepala Pelaksana BPBA, Ahmad Dadek melalui laporan yang disampaikan melalui grup Whats’App Media Center BPBA.

Ia mengatakan, kebakaran lahan ilalang tang terjadi di Lhokseumawe tepatnya di kawasan Gampong Ujong Blang, Kecamatan Banda Sakti. Kebakaran terjadi sekitar pukul 16.00 WIB tadi yang diduga akibat pembakaran sampah.

“Diduga karena pembakaran sampah, luas lahan yang terbakar sekitar 100×200 M². Sebanyak 3 unit damkar milik BPBD Lhokseumawe dan Aceh Utara dikerahkan ke lokasi untuk memadamkan api. Api padam setelah satu jam kemudian,” ujarnya.

Sementara, kebakaran lahan yang terjadi di Nagan Raya berada di kawasan Gampong Cot Mue, Kecamatan Tadu Raya. Api membakar sekitar lima hektar lahan sejak pukul 11.00 WIB, yang mana petugas pun belum mengetahui penyebab kebakaran lahan ini.

“Dikerahkan satu unit damkar milik BPBD Nagan Raya ke lokasi dengan 3 unit mesin pompa air dan satu unit beko kecil. Di lokasi api belum padam, tim di lapangan masih berupaya melakukan pemadaman. Areal yang terbakar pun sedang dilokalisir menggunakan beko,” jelas Dadek.

Baca Juga  Seorang Napi Lapas Narkotika Langsa Meninggal Dunia

Selain itu, kebakaran lahan di Aceh barat kembali terjadi di kawasan kecamatan Arongan Lambalek. Kebakaran ini terjadi karena diduga pemilik membuka lahan dengan cara dibakar. Pihak TNI yang mendeteksi adanya titip api pun langsung menuju ke lokasi dan memanggil pemilik lahan.

“Lahan yang terbakar seluas lebih kurang 30 x 30 M². Api saat ini sudah dipadamkan. Kita imbau masyarakat untuk tidak membakar sampah serta membuka lahan dengan cara dibakar guna menghindari hal-hal yang tidak diinginkan,” tambahnya.

Komentar

Berita Terbaru