oleh

Sekda Bireuen : Administrasi Akta Kelahiran Anak di Bireuen Harus Cepat Tuntas

PENANEGERI, Bireuen – Untuk mempercepat pelayanan terhadap pengurusan akta kelahiran dan akat kematian, maka perlu dilakukan persamaan persepsi dalam pelayanan semua unsur yang terlibat.

Hal itu dikatakan Sekda Bireuen, Ir H Zulkifli Sp saat membuka peningkatan pelayanana kepemilikan percatatan sipil secara terpadu 2019, di Ofroom Kantor Pusat Pemerintah setempat, Kamis (10/11).

Dikatakan Zulkifli, pelaksanaan kegiatan ini harus ada komitmen serius, serta adanya kesepakatan bersama, sehingga alur pengurusan mulai tingkat desa, bidan hingga rumah sakit dan pelayanan di Kantor Catatan Sipil Bireuen sejalan.

“Intinya, memberikan pelayanan ini agar anak-anak di Kabupaten Bireuen agar tidak terdapat lagi yang tidak memiliki akta kelahiran setelah lahir,” pintanya.

Dulu, tambah Zulkifli masyarakat menganggap akta kelahiran dan akta kematian tidak begitu penting, namun seiring tuntutan administrasi kependudukan, maka kedua hal ini sangat dibutuhkan, termasuk administrasi lainnya bagi setiap keluarga, terutama anak-anak sata melanjutkan pendidikannya.

Sementara itu, Kadis Catatan Sipil Bireuen, Ir Jafar MSi dalam laporannya menyebutkan, kegiatan peningkatan pelayanana kepemilikan percatatan sipil secara terpadu 2019 diikuti 70 peserta malai dari Ketua Asosiasi Keuchik di 17 kecamatan, Kemukiman, Kasi Pemerintah Kecamatan,  KUA, Bappeda, Koordinator Petugas Kesahatan, Dinas Pendidikan, Dinkes, Rumah Sakit.

Baca Juga  Miris, Buruh Asal NTB Cabuli Gadis di Aceh Utara

Dijelaskanya, persamaan persepsi pecepatan kepemilikan akat kelahiran dan akat kematian ini agar seluruh intansi ini memilki alur pelayanan yang sama, cepat, tetap dan akurat.

“Kedepan, pelayanan akta kelahiran bagi masyatrakat yang membagiakan, artinya selama ini pelayanan tersebut menyenangkan atau sebeliknya menyebalkan. Untuk itu perlu diubah, sehingga pelayanan itu benar-benar memuaskan masayarakat,” harapnya.

Komentar

Berita Terbaru