oleh

Sekda Bireuen : Pemuda Harus Mencerna, Teknologi Informasi Ibarat Dua Mata Pisau

PENANEGERI, Bireuen – Hari sumpah pemuda yang dilaksanakan hari ini menegaskan kembali komitmen, yang telah dibangun oleh pemuda dan diikrarkan dalam sumpah pemuda tahun 1928. Hanya dengan persatuan kita dapat mewujudkan cita-cita bangsa.

Hal itu katakan Sekda Bireuen, Ir H Zulkifli SP saat membacakan pidato Menteri Pemuda dan Olahraga RI, Zainudin Amali pada upacara peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-91, di halaman kantor pusat pemerintahan setempat, Senin (28/10).

“Pesatnya perkembangan teknologi informasi ibarat dua mata pisau. Satu sisi memberikan jaminan kecepatan informasi, memungkinkan pemuda  untuk meningkatkan kapasitas pengetahuan dalam pengembangan sumber daya serta daya saing,” sebutnya.

Disisi lain, perkembangan tersebut berdampak negatif, informasi yang bersifat destruktif mulai dari parnografi, narkoba, pergaulan bebas hingga radikalisme dari terorisme juga masuk dengan mudahnya, apabila pemuda tidak dapat membendung dengan filter ilmu pengetahuan.

Pemuda yang memiliki karakter yang tangguh, tentu pemuda yang memiliki karakter moral dan karakter kinerja, pemuda yang beriman dan bertaqwa, berintegritas tinggi, jujur, santun, bertanggung jawab, disiplin juga bekerja keras.

Baca Juga  Pemkab Bireuen Mulai Salurkan THR PNS, ini Jumlahnya

“Dengan Tema Bersatu Kita Maju, diperuntukan untuk seluruh elemen bangsa, tetapi bagi pemuda menjadi keharusan, sebab ditangan pemuda Indonesia ini lebih maju,” urainya.

Pemuda untuk Indonesia maju, apabila pemuda memiliki karakter, kapasitas, kemampuan inovasi, kreativitas yang tinggi, mandiri, inspiratif serta mampu bertahan dan unggul dalam menghadapi persaingan dunia.

Dengan canggihnya ilmu pengetahuan dan teknologi,  mudahnya akses terhadap sosial media, telah menjelma menjadi tempat favorit, berkumpulnya anak-anak muda lintas negara, lintas budaya, lintas agama, dan interaksi mereka disosial media.

“Disinilah peran pemuda dapat bersaing dalam bentuk apapun, tentunya dalam hal yang posistif. Pemuda Indonesia harus maju dan berani menaklukan dunia, saya berharap kedepan akan banyak muncul tokoh-tokoh muda yang mendunia,” tegasnya.

Upacara peringatan hari sumpah pemuda tersebut turut dihadiri, pimpinan dan anggota DPRK Bireuen, Forkopimda, Kepala Dinas, Badan dan Kantor, Camat, PNS, tokoh pemuda, Ormas kepemudaan serta undangan.

Komentar

Berita Terbaru