oleh

Selain Tolak RKUHP dan UU KPK, Mahasiswa Bireuen Minta Menteri Lingkungan Hidup Dicopot

PENANEGERI, Bireuen – Ratusan mahasiswa yang tergabung dalam Gerakan Aliansi Mahasiswa menggelar aksi unjuk rasa, di halaman gedung DPRK Bireuen, Kamis (26/9).

Aksi demo tersebut dikawal ketat personel Polres Bireuen, anggota TNI Kodim 0111/Bireuen serta Satpol PP.

Kehadiran mahasiswa yang diikuti pelajar SMK Bireuen itu menuntut dibatalkannya babarapa poin terkait RKUHP dan UU KPK.

Ratusan Mahsiswa itu juga mendesak pemerintah pusat segera mencopot Menteri Lingkungan Hidup yang tidak becus menjaga dan membiarkan pembakaran hutan, baik di Pulau Sumatera dan Kalimantan, serta telah menyebabkan masyarakat harus menghirup asap yang berbahaya bagi kesehatan.

Koordinator Aksi, Dimuntazar mengatakan, ada empat poin yang akan disampaikan selama demo ini, sebagai bentuk protes dari mahasiswa di Bireuen.

“Pertama kami tetap menolak revisi KUHP dan RUU KPK yang tidak pro terhadap kepentingan rakyat, bangsa dan negara, dan kedua meminta kepada DPR agar meninjau kembali revisi RUU pertanahan, RUU permasyarakatan dan ketenaga kerjaan,” sebutnya.

Dibagian lain, mereka meminta kepada presiden, segera mencopot Menteri Lingkungan Hidup atas ketidakmampuan menanggulangi Karhutla Sumatera serta di Kalimantan, dan perusahaan juga harus berani ditindak sesuai dengan aturan.

Baca Juga  6 Anggota DPRK Bireuen Temui Mahasiswa Saat Demo

“Kami juga mengecam terhadap tindakan represif aparat keamanan terhadap seluruh elemen masyarakat yang sedang menyuarakan aspirasi dimuka umum,” tegasnya.

Aksi damai ini dilakukan, tambah Dimuntazar, sebagai bentuk dukungan mahasiswa atas seruan Maklumat Tuntaskan Reformasi di Indonesia.

“Kami menilai pemerintah dan Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) saat ini telah membuat serangkaian kebijakan, mendorong negara pada sistem pemerintahan yang korup, otoriter, dan menciptakan ekonomi yang eksploitatif,” imbuhnya.

Sebelumnya, mahasiswa bergerak dari titik kumpul di Masjid Agung dengan berjalan kaki disertai mobil komando menuju ke gedung DPRK Bireuen.

Komentar

Berita Terbaru