oleh

Selama 6 Bulan, Polres Bireuen Sita 5 Kilo Sabu Serta Amankan 51 Tersangka

PENANEGERI, Bireuen – Selama kurun waktu enam bulan di tahun 2019, Satresnarkoba Polres Bireuen berhasil menyita barang bukti narkoba jenis sabu-sabu seberat 5 kilogram, serta berhasil mengamankan 51 tersangka termasuk kasus ganja.

Untuk kasus narkotika jenis ganja, Polres Bireuen juga berhasil mengamankan 58 kilogarm ganja serta 36 tersangka yang kini harus mendekam di sel Mapolres.

Hal itu dikatakan Kapolres Bireuen AKBP Gugun Hardi Gunawan SIK, M.Si didampingi Kasat Narkoba, Iptu M Nazir dan Kasat Reskrim Iptu Eko Rendi Oktama SH saat  konferensi pers, di Mapolres setempat, Senin (17/6) siang.

“Awalnya Satnakorba Polres Bireuen mengamankan MZ pada, Rabu 15 Mei 2019 sekira pukul 20.00 WIB,  dan mengamankan sabu-sabu seberat 2 kilogram,” katanya.

Tersangka MZ ditangkap, di jalan pedesaan disalah satu desa kawasan Kecamatan Jeumpa, Bireuen. Di tangan MZ awalnya berhasil disita 2 paket sabu-sabu dengan berat 1,48 gram. Namun dalam pemeriksaan, MZ ini tidak mengakui kalau Ia memiliki 2 kilogram sabu-sabu.

Selanjutnya Satresnarkoba kembali melakukan penyelidikan dengan memanfaatkan  Handphonenya, dan bekerjasama dengan pihak lain, akhirnya MZ diketahui memiliki sabu-sabu yang telah disimpan di rumahnya.

Baca Juga  250 Bhayangkari Polres Aceh Utara Dites Urine Secara Mendadak

Pada hari, Kamis 13 Juni 2019 sekira pukul 04.00 WIB, Tim Opsnal Satresnarkoba kembali menangkap FR di rumahnya, juga kawasan Kecamatan Jeumpa dan berhasil menyita satu paket besar sabu-sabu yang telah dikemas dengan plastik bening dan dimasukkan ke dalam bungkusan teh Guanyinwang seberat 439,48 gram dan FR ini sendiri merupakan anak buah MZ.

Hasil pengembangan FR ini, Tim Opsnal Satresnarkoba kembali menangkap SA di rumahnya juga di kawasan Jeumpa, Bireuen dan menyita satu paket besar yang diduga narkotika jenis sabu-sabu yang dikemas dalam plastik bening seberat 391,32 gram.

“Tersangka SA ini sendiri merupakan adik kandung MZ yang pertama ditangkap. Hasil keterangan SA ini sendiri mengaku, sabu-sabu itu diperoleh dari MZ serta dari AH yang sudah terlebih dahulu ditangkap pesenel Satresnarkoba Polres Bireuen,” terangnya.

“Dari hasil penangkapan ketiganya, tim berhasil menyita barang bukti sabu-sabu sebanyak 832,28 gram,” timpal Kapolres.

Dari empat tersangka ini telah dilaksanakan gelar perkara, dan terbukti memenuhi unsur Pasal 114 Ayat (2) sub Pasal 112 Ayat (2) dari Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 35 Tahun 2009 tentang narkotika, dengan ancaman pidana penjara paling singkat 6 tahun dan paling lama 20 tahun atau pidana hukuman mati.

Baca Juga  SBY : Hati Saya Selalu Bergetar Setiap Dengar Nama Aceh

“Disamping empat tersangka ini, Senin (17/6) hari ini,  tim Polres Bireuen juga berhasil mengungkap pelaku pengedar narkoba jenis sabu-sabu seberat 1 kilogram di kawasan Kecamatan Jeunieb,” pungkasnya.

Komentar

Berita Terbaru