oleh

Seleksi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK)

PENANEGERI, Jakarta – Pemerintah mengumumkan pendaftaran Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) tahap I.

Kepala Biro Humas Badan Kepegawaian Negara (BKN) Muhamad Ridwan, pengumuman pendaftaran akan berlangsung selama dua hari, yakni pada tanggal 8 dan 9 Februari 2019. Setelah itu pendaftaran baru akan dibuka pada 10 Februari hingga 16 Februari 2019 mendatang.

“Tanggal 8-9 pengumumannya saja. Mekanisme dan sebagainya. Tanggal 10-16 itu pendaftaran online,” ujarnya di Kantor Pusat BKN, Jakarta, Jumat (8/2).

Menurut Kepala Biro Humas BKN Mohammad Ridwan dalam pelaksanaan tes dipastikan tidak akan ada Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) atau yang biasa dilakukan pada seleksi CPNS. Seleksi tersebut digantikan dengan ujian berbasis komputer (CAT) terkait manajerial, sosiokultural dan teknis.

Ridwan pun memastikan, ujian CAT itu tidak akan sulit dan mudah dijawab oleh pelamar karena telah sesuai dengan praktik yang biasa dilakukan sehari-hari.

“Kisi-kisi soalnya nanti tidak akan ada SKD. Jadi abis administrasi akan ada seleksi manajerial, sosiokultural dan apalagi. Pokoknya untuk guru ya itu dites lagi tapi kan itu sudah sehari-hari ya jangan bayangkan soalnya sulit, out of the blue, nggak,” kata dia di BKN, Jakarta, Jumat (8/2).

“Misalnya juga tenaga kesehatan nanti bagaimana melayani orang-orang. Jadi nggak akan ada yang gagal karena TKP atau TKD (nggak memenuhi seperti seleksi CPNS),” sambung dia.

Lebih lanjut, Ridwan menjelaskan pembukaan pendaftaran dan tahap administrasi dibuka pada 10-16 Februari 2019. Selanjutnya tahap ujian CAT dan wawancara pada 23-24 Februari 2019.

Terakhir, para pelamar yang lolos akan diumumkan pada 1 Maret di laman resmi sscasn.bkn.go.id.

Berikut jadwal lengkap seleksi PPPK tahap 1, Pengumuman Penerimaan PPPK (8 & 9 Februari 2019). Pendaftaran Peserta Secara Online (10-16 Februari 2019). Pelaksanaan Tes (23 dan 24 Februari 2019). Pengolahan Nilai (25-28 Februari 2019) dan Pengumuman Hasil (1 Maret 2019). (*/red)

Komentar

Berita Terbaru