oleh

SELFI, Inovasi Mudahkan Peserta JKN-KIS

PENANEGERI, Langsa – Berada dalam era milenial, BPJS Kesehatan Cabang Langsa terus berupaya mengembangkan inovasi dalam meningkatkan kepuasan peserta, salah satunya Self Checking Aplikasi (SELFI).

SELFI memiliki tujuan untuk mempermudah peserta atau calon peserta jaminan kesehatan nasional – kartu indonesia sehat (JKN-KIS) yang datang berkunjung ke kantor BPJS Kesehatan Cabang Langsa.

Salah seorang peserta BPJS Kesehatan Cabang Langsa, Juarni mengungkapkan, dirinya sangat terbantu dengan adanya SELFI sehingga ia dapat memeriksa kepesertaan anggota keluarganya.

“Saya kesini memang mau mendaftarkan kakak saya sebagai peserta JKN-KIS, tapi saya sempat bingung apa kakak saya sudah punya kartu BPJS atau belum karena selama ini kami belum satu KK (kartu keluarga), tadi ketika ditawarkan oleh satpam untuk check anggota keluarga di SELFI saya langsung tertarik dan ternyata memang benar kakak saya belum terdaftar” ungkapnya, Sabtu (28/9).

Sementara itu, Kepala Bidang Kepesertaan dan Pelayanan Peserta BPJS Kesehatan Cabang Langsa, Fitra Fahreza menjelaskan, bahwa SELFI merupakan inovasi yang lahir untuk mempermudah peserta JKN-KIS yang datang berkunjung ke counter BPJS Kesehatan Cabang Langsa.

Baca Juga  Dua Unit Rumah Warga Simpang Mamplam Bireuen Terbakar

Diakuinya, selama ini banyak peserta yang datang ke counter BPJS Kesehatan untuk mendaftarkan diri atau keluarganya tetapi sebenarnya sudah terdaftar hanya saja mungkin belum menerima kartu JKN-KIS. SELFI ini diharapkan dapat memfilter peserta atau calon peserta yang datang berkunjung ke kantor, agar lebih terarahkan si peserta seharusnya ke loket yang mana.

“Sebenarnya SELFI ini menggunakan aplikasi Mobile JKN, hanya saja kami memakai console box sebagai sarana untuk membukannya dengan menggunakan user petugas. Jadi peserta yang datang bisa check terlebih dahulu apakah sudah terdaftar atau belum, jika sudah tetapi belum menerima kartu bisa menggambil antrian fasttrack dan tidak harus mengisi formulir,” jelas Fitra.

“Saya berharap dengan adanya SELFI ini dapat meningkatkan kepuasan peserta dengan mempersingkat waktu tunggu layanan,” pungkasnya.

Komentar

Berita Terbaru