oleh

Seluruh Kabupaten di Aceh Diselimuti Kabut Asap, BMKG Imbau Warga Banyak Konsumsi Air Putih

-Aceh-460 views

PENANEGERI, Aceh Utara – Setelah sempat normal, kabut asap yang diduga berasal dari kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di beberapa provinsi di pulau Sumatera kembali menyelimuti udara Aceh, Senin (23/9).

Akibatnya, jarak pandang dari bumi ke langit atau vasibilitasnya rata-rata di bawah 1 kilometer.

Kepala Seksi Data dan Informasi BMKG Kelas I Sultan Iskandar Muda Banda Aceh, Zakaria kepada Penanegeri.com mengatakan, beberapa hari yang lalu, kabut asap padahal hanya menyelimuti sebagai kabupaten saja. Namun hari ini diperkirakan asap telah membungkus seluruh kabupaten di Aceh.

“Termasuk Banda Aceh dan Aceh Besar. Walaupun menurut data sebaran asap BMKG Pusat hari ini tidak terlihat adanya sebaran asap di Aceh. Hal ini karena kemungkinan kelemahan satelit, di mana satelit tidak dapat memantau asap bila tertutup awan. Seperti kita tau sekarang, Aceh sedang banyaknya tumbuh awan hujan, maka wajar bila kita lihat dari peta sebaran asap tidak terdeteksi adanya paparan asap di provinsi Aceh,” ujarnya.

Baca Juga  Bireuen Lakukan Try Out UNBK Online Tingkat SMP Serentak

Dari pandangan kasat mata, BMKG Aceh dapat memastikan bahwa redup yang terjadi hari ini disebabkan kabut asap, karena bila dilihat dari matahari yang tampak kuning kemerah-merahan dan langit relatif berwarna putih abu-abu.

“Sedangkan kalau langit ditutupi awan, maka akan telihat gumpalan-gumpalan. Untuk asal kabut asap, kami memperkirakan masih merupakan asap kiriman dari musibah kebakaran hutan dan lahan beberapa provinsi lain di Sumatera,” jelas Zakaria.

Menyangkut hal itu, BMKG Kelas I Sultan Iskandar Muda Banda Aceh berharap masyarakat tetap waspada dan selalu menggunakan masker jika berada di luar ruangan.

“Untuk daerah-daerah yang berdampak kabut asap ini, masyarakat sebaiknya konsumsi air putih yang banyak dan buah-buahan untuk menjaga kestabilan tubuh. Dapat juga berkonsultasi ke dokter bila merasakan sesak napas,” imbaunya.

Amatan Penanegeri.com, udara di beberapa kabupaten di Aceh bagian timur memang tingkat kepekatannya sudah tergolong berat dibandingkan beberapa hari yang lalu. Misalnya, di Kota Lhokseumawe, Kabupaten Aceh Utara dan Aceh Timur.

Komentar

Berita Terbaru