oleh

September 2019, FKTP Bisa Manfaatkan e-Claim Primer

PENANEGERI, Aceh Tamiang – BPJS Kesehatan Cabang Langsa mensosialisasikan sistem e-Claim Primer kepada Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) beserta Dinas Kesehatan Kabupaten Aceh Tamiang, Minggu (1/9).

“Implementasi e-Claim Primer ini akan dilaksanakan bagi seluruh FKTP mulai September 2019. Agustus ini kita sudah uji coba pada 60 FKTP se-wilayah BPJS Kesehatan Cabang Langsa dan akan dilaksanakan oleh seluruh FKTP yang bekerja sama dengan BPJS pada September ini,” sebut Kepala Bidang Penjamin Manfaat Primer BPJS Kesehatan Cabang Langsa, Endang Kurnia Ningsih.

Dijelaskannya, bahwa e-Claim Primer atau digitalisasi klaim non kapitasi merupakan proses perekaman data klaim secara elektronik yang bertujuan untuk menyederhanakan proses pengajuan klaim non kapitasi oleh FKTP kepada BPJS Kesehatan.

“Adanya keluhan berkas pengajuan klaim yang banyak dari FKTP serta tingkat ketertiban FKTP dalam menagihkan klaim non kapitasi secara periodik dan lengkap menjadi latar belakang dari pengembangan e-Claim Primer ini,” sebutnya.

Lanjutnya, ada beberapa manfaat dari sistem e-Claim Primer, diantaranya memudahkan pengajuan klaim, meminimalisir berkas klaim, mempercepat proses verifikasi, dan kontinuitas pelayanan kesehatan terhadap peserta JKN-KIS.

Endang mengharapkan seluruh FKTP yang menjadi mitra BPJS Kesehatan Cabang Langsa khususnya FKTP yang berada wilayah Kabupaten Aceh Tamiang dapat menjalankan e-Claim Primer dengan maksimal karena akan berdampak positif dalam proses penagihan klaim non kapitasi.

Senada dengan Endang, Sekretaris Dinas Kesehatan Kabupaten Aceh Tamiang, Irianto, mengungkapkan pihaknya akan berkomitmen untuk memastikan seluruh Puskesmas wilayah Kabupaten Aceh Tamiang mempunyai scanner agar tidak ada kendala dalam pelaksanaan implementasi e-Claim Primer.

“Saya berharap agar FKTP swasta yang lain juga segera melengkapi alat-alat yang dibutukan untuk sistem e-Claim Primer, agar saat diimplementasikan program ini dapat berjalan dengan baik,” tutup Irianto.

Komentar

Berita Terbaru