oleh

Sepuluh Pelaut Hilang dari Kapal Perang USS McCain Setelah Tabrakan

PENANEGERI, Singapura- Sepuluh pelaut hilang dan lima pelaut juga dilaporkan cedera setelah kapal perusak (Destroyer) angkatan laut USS McCain bertabrakan dengan sebuah kapal tanker di perairan timur Singapura, Senin dini hari (21/8).

Armada Ketujuh AS yang berbasis di Jepang mengatakan bahwa USS McCain sedang dalam pelayaran menuju ke Singapura untuk kunjungan rutin ke pelabuhan.

Kapal destroyer berpeluru kendali angkatan laut AS USS McCain ini bertabrakan dengan sebuah kapal tanker bernama MC Alnic pada Senin pagi  (21/8) di perairan timur Singapura dan Selat Malaka, akibatnya 10 pelaut dilaporkan hilang.

Angkatan laut AS mengatakan lima pelaut lainnya terluka.

USS John S McCain mengalami kerusakan pada sisi belakangnya, tepatnya di sebelah kiri belakang, akibat tabrakan dengan Kapal bernama MC Alnic yang terjadi pada pukul 5:24 pagi (21:24 GMT).

Kapal Tug serta kapal patroli Angkatan Laut Singapura juga helikopter membantu pencarian dan penyelamatan, demikian  penjelasan  angkatan laut AS.

Armada Ketujuh AS yang berbasis di Jepang mengatakan USS McCain sedang menuju ke Singapura untuk kunjungan rutin ke pelabuhan.

Kapal tersebut berbasis di homeport armada Yokosuka, Jepang. Kapal Destroyer ini ditugaskan pada tahun 1994 dan memiliki awak 23 perwira (officer), 24 petugas perwira (petty officer) dan 291 pelaut terdaftar, demikian menurut situs angkatan laut AS tersebut.

Sedangkan Kapal tanker ‘MC Alnic’ adalah sebuah tanker minyak dan kimia sepanjang 600 kaki (183 meter).

Kejadian tabrakan di laut ini adalah tabrakan kedua yang melibatkan sebuah kapal dari Angkatan Laut Ketujuh Armada di Pasifik dalam dua bulan. Tujuh pelaut meninggal pada bulan Juni 2017 saat kapal USS Fitzgerald dan satu kapal kontainer saling tabrakan serempetan antar sisi di perairan lepas pantai Jepang.

Investigasi bagaimana dan mengapa USS Fitzgerald bertabrakan dengan kapal lain belum selesai, namun cukup banyak rincian yang diketahui melakukan tindakan tersebut, kata angkatan laut.

Kini Kapal perang Amerika USS Mc Cain juga mengalami kecelakaan tabrakan di laut lepas.(*)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *