oleh

Serangan Bersenjata dan Bom Bunuh Diri di Masjid Syiah Kabul

PENANEGERI, Desk Internasional – Pengebom bunuh diri dan  orang-orang bersenjata menyerang masjid Syiah Imam Zaman di kota Ibu Kota Kabul, Afghanistan.

Penyerang menyerang masjid yang dipenuhi orang-orang yang sedang menghadiri shalat Jumat di ibukota Afghanistan itu, dan menewaskan setidaknya 14 korban.

Serangan bunuh diri diikuti oleh rentetan tembakan terjadi saat kaum Muslim Syiah berkumpul untuk sholat Jum’at di masjid Imam Zaman di ibukota Afghanistan, Kabul,.

Juru bicara kementerian dalam negeri, Najib Danish, mengatakan kepada kantor berita Al Jazeera bahwa setelah ledakan di masjid Imam Zaman di lingkungan Qala-Najara, setelah tiga orang bersenjata masuk dan mulai menembak.

Danish mengatakan bahwa ada 14 korban secara keseluruhan, tanpa menyebutkan berapa banyak diantara mereka yang meninggal.

Lebih banyak ledakan dan tembakan bergema dari lokasi serangan tersebut, yang menurut petugas polisi Mohammed Jamil masih berlangsung.

“Kami di sini, orang-orang menunggu doa dimulai, seorang penyerang bunuh diri datang dan membunuh para penjaga dan menembaki penjaga lainnya di pintu gerbang dan membunuhnya, lalu memasuki masjid,” saksi mata Ghulam Reza mengatakan kepada kantor berita Associated Press.

Mir Hussain Nasiri, anggota dewan ulama Syiah Afghanistan, mengatakan bahwa ulama yang melakukan sholat tersebut terbunuh, namun tidak memberikan namanya.

Pasukan keamanan Afghanistan pun segera tiba di lokasi serangan bunuh diri tersebut .

Ada beberapa serangan terhadap masjid-masjid kaum Muslim Syiah di Afghanistan dalam beberapa pekan terakhir. Bulan lalu, 32 orang tewas ketika orang-orang bersenjata menyerbu sebuah masjid Syiah di provinsi Herat bagian barat.

Negara Islam Irak dan kelompok Levant (ISIL) pada serangan bulan  lalu mengaku bertanggung jawab atas serangan tersebut dan berjanji untuk melakukan lebih banyak serangan terhadap Muslim minoritas Syiah Afghanistan. (*)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *