oleh

Sering Banjir Luapan, Saluran Kawasan Pulo Ara Bireuen Dikeruk

PENANEGERI, Bireuen – Guna mengantisipasi terjadinya luapan yang menyebabkan banjir, saluran di kawasan Desa Pulo Ara Geudong Teungoh, Kota Juang, Kabupaten Bireuen kembali dilakukan normalisasi.

Pantauan Penanegeri.com, saluran tersebut mulai dilakukan renovasi kembali, karena selama ini tak mampu menampung arus air, terutama dimusim penghujan.

Geuchik Pulo Ara Geudong Teungoh, Kota Juang, Ridwan Aziz kepada wartawan, Senin (18/11) mengaku, hampir setiap tahun warga desanya diterjang banjir kiriman, akibat saluran pembuang sebelah timur desanya itu sering meluap.

“Selama ini saluran pembuang tersebut terlalu kecil, bahkan tanggulnya rendah. Bila musim penghujan, maka air tak mampu ditampung dengan sempurna sehingga meluap, apalagi saluran pembungan dari arah Juli,” ujarnya.

Disamping kecil, selama ini saluran disepanjang Jalan Negera Bireuen-Takengon juga banyak yang tidak tembus, termasuk dari arah Jalan Medan Banda Aceh yang bermuara ke Titi Rumbia juga banyak yang sudah tersumbat.

“Bila saluran di pinggir jalan nasional, baik Bireuen-Takengon serta arah Medan Banda Aceh, kawasan pusat Kota Bireuen itu normal hingga ke alur sungai Titi Rumbia, maka Kota Bireuen atau Pulo Ara tidak akan banjir,” terangnya.

Baca Juga  Polisi Tangkap Pembeli Motor Curian di Pantonlabu

Guna mengatasi banjir di Desa Pulo Ara Geudong Teungoh, Pemkab Bireuen mulai mengeruk saluran tersebut dan membangun tanggul yang lebih tinggi.

Sebelumnya, Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Bireuen, Fadli ST MSM mengaku, saat ini saluran pembuangan di kawasan Desa Pulo Ara Geudong Tengoh sedang dilakukan renovasi kembali guna mengantisipasi banjir luapan.

“Saat ini sedang dilakukan pelebaran, kita berharap dengan lebarnya saluran ini maka dapat mengantisipasi banjir luapan di kawasan Desa Pulo Ara,” tandasnya.

Komentar

Berita Terbaru