oleh

Setelah Panen Padi, Petani Pesisir Kuala Bireuen Beralih Tanam Semangka

PENANEGERI, Bireuen – Usai menamen padi, sebagian besar petani kawasan pesisir Kecamatan Kuala, Kabupaten Bireuen kembali membuka lahan baru, dan beralih menanam semangka di areal sawahnya, Rabu (20/3).

Selain tanaman semangka, para petani kawasan itu juga bercocok tanam dengan menanam kacang hijau, sawi dan daun bayam serta bawang merah.

Menurut sejumlah petani pesisir Kecamatan Kuala, Bireuen kepada Penanegeri.com mengaku, bercocok tanam semangka, usai memanen padi di areal sawahnya merupakan kebiasaan atau menjadi rutintas petani dikawasan ini.

“Seluruh petani sepakat menanam semangka disamping tanaman lain, seperti kacang hijau serta jenis sayuran lainnya,” ujar Safri salah seorang petani Cot Batee.

Diakui, dengan adanya peralihan masa tanam ini, maka akan memberikan dampak terhadap ksesuburan tanah ketika masa penanaman padi yang akan datang.

Hal yang sama juga dikatakan petani lainnya, Abdullah, di Ujong Blang. Menurutnya penanaman semangka selalu dicanangkan usai memanen padi, sehingga areal tanah sawahnya akan subur kembali.

“Biasanya untuk penanaman semangka memanfaatkan sekitar dua petak tanah sawah, menghabiskan anggaran sekitar Rp 4 hingga Rp 5 juta lebih, baik pengolahan lahan, bibit serta saat mulai memasuki masa panen.

Baca Juga  MoU dengan STIES Banda Aceh, Kepala BNNP Aceh Berikan Kuliah Umum

Di singgung keuntungan yang sering diperoleh usai memanen semangka, Abdullah  mengaku, bila masa panen membaik, buahnya juga besar-besar, maka keuntungan bisa diperoleh juga akan lebih besar.

Komentar

Berita Terbaru