oleh

Sidang Peninjauan Kembali yang diajukan Ahok Dijaga Ketat Ribuan Petugas

PENANEGERI, Jakarta – Sidang PK atau Peninjauan Kembali yang diajukan mantan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok usai digelar hari Senin (26/2) siang di Pengadilan Jakarta Utara.

Majelis Hakim Pengadilan Negeri Jakarta Utara telah menerima memori Peninjauan Kembali (PK) yang diaujukan oleh mantan Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok.

Hakim kemudian akan mengkaji berkas bukti formil Ahok dan tanggapan dari jaksa penuntut umum selaku tergugat.

“Ini saya kaji, kalau tidak ada yang kurang dan bukti formil memenuhi syarat akan dikirim ke MA. Rencananya, saya kaji ini selesai kurang dari satu minggu,” ujar Ketua Majelis Hakim, Mulyadi, di PN Jakut, Senin (26/2).

Pengacara Ahok, Fifi Lety Indra, juga mengatakan sidang pada hari Senin (26/2)ini memang tidak membacakan memori PK. Agenda sidang hanya pengajuan berkas saja.

Pada sidang ini, Ahok tidak hadir. Hanya terlihat adik yang juga pengacara Ahok, Fifi Lety Indra dan kakak angkat Ahok, Nana Riwayatie.

Baca Juga  Ahok Gugat Cerai Veronica Tan

“Ya sidang hari ini, Ahok tidak bisa hadir. Tapi kita doakan saja. Secara hukum memang membolehkan,” kata Fifi, Jakarta, Senin (26/2) kepada wartawan.

Meski sidang sudah usai namun, demonstrasi yang dilakukan oleh massa yang pro dan kontra masih berlangsung di luar gedung pengadilan pada Senin siang (26/2).

Massa yang pro Ahok dan kontra Ahok juga masih melakukan orasi dengan penuh semangat.

Ribuan Polisi tampak masih menjaga jalannya demonstrasi hingga Senin siang (26/2).

Puluhan pendukung Ahok mengenakan kaus hitam merah. Kaus tersebut bertuliskan, ‘Komunitas bangsa bersatu’. Ada juga yang menggunakan kemeja kotak-kotak merah-biru-putih. Mereka menyerukan dukungan untuk Ahok.
Sedangkan di pihak yang berseberangan, massa kontra Ahok mengenakan baju serba putih. Mereka membawa sejumlah poster. Salah satunya bertuliskan, ‘Mendukung majelis hakim untuk menolak PK yang diajukan si penista agama’.

Mereka juga meneriakkan tuntutan dan yel-yel dengan panduan dari mobil komando.

Polisi membuat barikade di antara kedua kelompok serta bersiaga menjaga situasi di Pengadilan Negeri Jakarta Utara.

Baca Juga  Presiden : Semua Pihak Hormati Vonis Ahok

Sejak pagi pada pukul 07.40 WIB sudah terlihat kendaraan taktis petugas keamanan di lokasi, 2 mobil barakuda dan 2 mobil anti huru hara terlihat terparkir di lokasi. Sementara itu polisi bersiaga di depan gedung.

Kepala Kepolisian Resor Metro Jakarta Pusat Kombes Roma Hutajulu mengatakan kepada wartawan, ribuan personel petugas keamanan disiagakan untuk mengamankan sidang PK Ahok di Pengadilan Negeri Jakarta Utara, Jalan Gajah Mada, Jakarta Pusat, pada Senin (26/2/2018).

“Kita sudah menyiapkan ribuan personel dari Polda Metro Jaya, Kodam V Jaya, dan Pemda DKI untuk bersama sama bersinergi mengamankan baik jalannya sidang tersebut,” kata Kombes Roma kepada wartawan.

Kombes Roma mengatakan, ribuan personel tersebut berjaga dan bersiaga di dalam dan di luar gedung pengadilan. (*)

Simak video yang beredar di media sosial Youtube soal pengamanan Sidang PK Ahok:

Komentar

Berita Terbaru