oleh

Sinergi Penanggulangan Bencana, Tanam Vetiver

PENANEGERI, Bogor – Aksi penanggulangan bencana alam bersama TNI, Polri dan BNPB tak kunjung surut, seperti pada semangat yang bernaung dalam prinsip “Tekadku Pengabdianku, Jiwa Ragaku Demi Kemanusiaan”, ini terbukti dalam kegiatan sinergitas yang massif dilakukan oleh pihak Kepolisian Resor Bogor bersama unsur TNI dari Kodim, Korem serta pihak BNPB, dalam penanggulangan bencana alam khususnya pada daerah terdampak di Kecamatan Sukajaya, Kamis (27/02/2020).

Kegiatan penanggulangan bencana pada wilayah terdampak di Kecamatan Sukajaya terus berlanjut hingga hari ini (27/02). Kasat Sabhara Polres Bogor AKP Waluyo.S.H.,M.H, menuturkan, “Penanggulangan bencana yang kami lakukan di wilayah Kecamatan Sukajaya ini, kami lakukan hingga bulan Desember tahun 2020. Dengan melakukan pembibitan dan penanaman tanaman jenis vertiver bersama dengan Kodim 0621, Korem, Denhub, gabungan TNI AU, TNI AL, Bekang, Kopasus dan BNPB, dengan turut dibantu oleh warga setempat.”

Selain melakukan pembibitan dan penanaman tanaman jenis vertiver ini, Sat Sabhara Polres Bogor bersama dengan unsur terkait masih melakukan pembersihan sisa-sisa lumpur di sekitar lokasi terdampak khususnya pada wilayah Desa Harkat Jaya dan Pasir Madang.

“Cuaca hujan yang masih terus menerus turun di wilayah Kabupaten Bogor, turut menjadi hambatan bagi kami dalam upaya melakukan pembersihan jalur-jalur. Namun secara umum wilayah Kecamatan Sukajaya kondusif dan belum ditemukan titik atau lokasi bencana lanjutan”, lanjut Kasat Sabhara Polres Bogor AKP Waluyo.S.H.,M.H.

Bibit tanam vertiver yang digunakan untuk ditanam pada lokasi rawan bencana longsor di Kecamatan Sukajaya, merupakan bibit bantuan dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia.

“Total bibit yang telah kami lakukan penanaman bersama hingga hari ini (27/02) adalah sebanyak 141.218 tanaman vertiver pada luas areal tanam 226.473m2,” papar AKP Waluyo.S.H.,M.H. (RED/IS)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *