oleh

Sisa Dana untuk 609 Desa di Bireuen Segera Disalurkan

PENANEGERI, Bireuen – Bantuan Dana Desa (DD) sumber APBN tahap ketiga atau tahap akhir tahun 2019 untuk 609 desa di Kabupaten Bireuen direncanakan akan disalurkan dalam waktu dekat ini.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Gampong, Perempuan dan Keluarga Berencana  (DPMGP-KB) Bireuen, Bob Miswar SSTP, M.Si kepada Penanegeri.com, Jumat (25/10) mengatakan, berkas pengajuannya sudah diajukan ke Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) di Lhokseumawe.

“Kalau dokumen untuk persyaratan pengajuan Dana Desa (DD) tahap ketiga dari Pemkab Bireuen sudah ke Lhokseumawe. Kini hanya menunggu proses penerbitan Surat Perintah Pembayaran Dana (SP2D). Selanjutnya bantuan dana DD itu langsung ke kas daerah,” terangnya.

Menyangkut bantuan DD itu sendiri, lanjut Bob, tetap disalurkan ke rekening desa masing-masing, apabila desa yang bersangkutan telah mengajukan melengkapi ketentuan syaratnya.

Selain laporan realisasi capaian penggunaan bantuan sebelumnya, seperti bidang fisik minimal 50 persen dan secara keseluruhan harus mencapai 75 persen, baru bisa ditansfer.

“Apabila tidak adanya kendala, maka bantuan DD tahap ketiga sebesar 40 persen lagi akan  disalurkan pekan depan,” ungkapnya.

Baca Juga  31 Tim Berlaga di Danone Nation Cup Regional Aceh-Sumut Zona Langsa

Dibagian lain, Bob Mizwar terkait bantuan Alokasi Dana Gampong (ADG) tahap ketiga, khusus untuk pembiayaan operasional dan jerih perangkat gampong itu sendiri sudah disalurkan beberapa pekan lalu.

Kecuali itu, ada beberapa desa lainnya di sejumlah kecamatan yang belum sepenuhnya disalurkan, karena masih ada desa yang belum mengajukan permohonan pencarian ADG.

“Ada beberapa desa yang belum mengajukan pencairan ADG tahap ketiga dan kita berharap camat segera dapat memfasilitasi atau membantu agar menyiapkan dokumen pencairan ADG, apabila diwilayahnya terlambat mengajukannya,” harap Bob Miswar.

Komentar

Berita Terbaru