oleh

Siswa SMPN 4 Bireuen Dibekali Ilmu Jurnalistik Dasar

PENANEGERI, Bireuen – Puluhan siswa-siswi di SMPN 4 Bireuen mengikuti Pelatihan Jurnalistik Dasar yang digelar di kompleks sekolah SMP setempat, Kamis (19/12).

Pelatihan tersebut kerjasama SMPN 4 Bireuen dengan Media Kabar Bireuen, guna mengujudkan program gerakan literasi sekolah untuk tercipta budaya membaca dan menulis di lingkungan sekolah.

Kepala SMPN 4 Bireuen, Fadli M.Pd dalam sambutanya saat membuka kegiatan itu mengungkapkan, pelatihan jurnalistik dasar yang dilaksanakan di sekolah yang pimpinnya itu untuk memberikan pemahaman, pendidikan dan ilmu dasar jurnalistik pendukung Mading di sekolah.

“Kita berharap, dengan adanya pelatihan ini, siswa dapat terus menggali tentang pengetahuan terhadap jurnalistik, sehingga mereka mahir menulis dan mampu mengembangkan bakatnya,” katanya.

Selama pelatihan tersebut, panitia sekolah ikut menghadirkan sejumlah pemateri, selain Redaktur Pelaksana (Redpel) Kabar Bireuen, Ihkwati SP dengan materi jurnalistik dasar, prinsip 5W 1 H serta tata cara membuat sebuah berita.

Selanjutnya Herman turut menyampaikan materi tentang mading dan bagaimana proses pembuatan mading sekolah, sehingga semua siswa di SMPN 4 Bireuen bisa ikut terlibat dalam proses tersbeut.

Baca Juga  Bireuen Lakukan Try Out UNBK Online Tingkat SMP Serentak

Sementara pemateri lainnya, Joniful Bahri dari Pananegeri.com dengan meteri Fotografi, pengenalan tentang kategori jurnalitik, baik foto berita umum, foto feature, foto esai, foto sosok, foto human interest,  potrait, foto olahraga, foto ilmu dan teknologi, foto seni dan budaya dan foto sosial dan lingkungan.

Terakhir, pelatihan jurnalistik dasar untuk siswa SMPN 4 Bireuen ditutup secara resmi oleh Pemred Kabar Bireuen yang juga Ketua PWI Bireuen Suryadi didampingi Kepala SMPN 4 Bireuen, Fadli M.Pd.

“Kita sangat berharap setelah adanya pelatihan ini, maka seluruh peserta agar terus berlatih dan belajar menulis dan diyakini suatu hari nanti ada diantara siswa yang akan menjadi wartawan,” sebutnya.

Komentar

Berita Terbaru