oleh

SMPN 3 Langsa Borong Dua Perunggu di OPSI Nasional 2019

PENANEGERI, Langsa – Dua penelitian pelajar SMPN 3 Langsa berhasil meraih juara III dengan hadiah 2 perunggu pada Olimpiade Penelitian Siswa Indonesia (OPSI) tingkat Nasional tahun 2019, yang diselenggarakan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) RI.

Pemenang OPSI tingkat Nasional 2019 yang berlangsung sejak tanggal 26 hingga 30 November di Jakarta Pusat ini diumumkan pada penutupan acara, Jumat (29/11/) malam, dilanjutkan dengan pembagian hadiah oleh Direktur Pembinaan SMP Kemdikbud RI, Dr Poppy.

Kepala SMPN 3 Langsa, Sopian Hamid, M.Pd, Sabtu (30/11) menuturkan, dua judul di dua cabang yang diikutkan pada OPSI tingkat nasional 2019 ini, masing-masing berhasil meraih perunggu.

Disebutkannya, judul tersebut diantaranya untuk Cabang IPA dan Lingkungan, dengan judul naskah ‘Pelestarian Daun Sang, atas nama peserta Cut Tarieska Syafia Nazwa dan Zakiratul Musraja.

Lalu, Cabang Teknologi dan Rekayasa dengan judul naskah ‘Jaket Harian Anti Peluru dan Senjata Tajam’, atas nama peserta Siti Aulia Sofia, Rizky miftah Satwika Hermawan Putra, dan Muhammad Alfajar.

“Dua judul naskah/penelitian dua kelompok pelajar SMPN 3 Langsa yang berjumlah 5 orang ini, sebelumnya lolos seleksi dari 875 naskah se-Indonesia untuk mengikuti OPSI tingkat Nasional Kemdikbud RI 2019,” sebutnya.

Baca Juga  Siswa SD di Bireuen Bersaing di FLS2N

Selain dua naskah, sambung Sopian, pelajar SMPN 3 Langsa yang mewakil Aceh di ajang OPSI Kemdikbud RI tahun 2019 ini, perwakilan pelajar SMPN 5 Langkahan, Aceh Utara juga berhasil meraih perak.

Ia menjelaskan, selain mendapatkan medali perunggu, SMPN 3 Langsa ini juga mendapatkan hadiah uang pembinaan Rp 3 juta, plus masing-masing pelajar juga mendapatkan beasiswa Rp 3 juta dari Kemdikbud RI.

Dirinya yang ikut langsung mendampingi pelajarnya bersama guru Erwin MPd, menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada 5 delegasi (pelajar) SMPN 3 Langsa yang telah membawa harum Kota Langsa di kancah Nasional.

Kemudian terimakasih tak terhingga kepada pelatih, Erwin MPd, atas dedikasi dan kerja kerasnya sehingga delegasi sekolah favorit di Langsa ini berhasil meraih prestasi di tingkat nasional, serta juga kepada wali siswa yang telah membantu penelitian 5 pelajar sebagai delegasi di ajang OPSI tingkat nasional ini.

“Terimakasih juga diucapkan atas dukungan suport dan motivasi Walikota dan Wakil Wali Kota Langsa, Kadis Pendidikan dan Kebudayaan yang diberikan kepada delegasi SMPN 3 Langsa di ajang OPSI ini,” ucap Sofian.

Baca Juga  Polisi Ringkus Bandar Togel di Aceh Utara

“Semoga prestasi yang diraih ini akan mendorong lahirnya peneliti muda khususnya Langsa menuju Indonesia Emas,” timpalnya.

Komentar

Berita Terbaru