oleh

Sopir Bus Diserang hingga Bus Pindah Jalur dan Tabrak 3 Kendaraan, 12 Orang Tewas di Tol Cipali

PENANEGERI, Cirebon – Kecelakaan beruntun di Tol Cipali yang tadinya diduga karena sopir bus mengantuk, ternyata berawal dari seorang penumpang yang menyerang sopir bus.

Akibat kecelakaan itu Sopir itu sendiri tewas dalam kecelakaan dan 11 orang lainnya juga tewas dalam kecelakaan beruntun ini.

Kapolda Jabar Irjen Rudy Sufahriadi mengatakan seorang saksi menyebut ada penumpang bernama Anshor menyerang dan hendak mengambil alih kendali.

Karena serangan terhadap sopir itu, bus yang sedang berjalan dari arah Jakarta menuju Cirebon kemudian pindah jalur ke arah Cirebon-Jakarta. Tabrakan keras dengan dua mobil pun tak terhindarkan.

“Anshor sendiri terluka, sopir meninggal dunia,” kata Irjen Rudy Sufahriadi kepada wartawan di Jawa Barat, Senin (17/6/2019).

Kapolda Jabar Irjen Rudy Sufahriadi menyebutkan kecelakaan maut itu terjadi sekitar pukul 01.00 WIB. Ia menyebutkan pemicu kecelakaan beruntun itu disebabkan sopir bus diserang seorang penumpang bernama Anshor (29). Anshor diketahui bekerja sebagai sekuriti di Gandaria Tower, Jakarta.

“Menurut keterangan Anshor, bahwa sopir dan kernet itu hasil pembicaraan telepon akan membunuh dia, ‘saya mau dibunuh sama sopir sama keneknya. Tahu dari mana, dari pembicaraan telepon’,” kata Rudy kepada wartawan di Rumah Sakit Mitra Plumbon Cirebon, Senin (17/6/2019).

Berikut ini kronologi kecelakaan maut di Tol Cipali pada Senin 17 Juni 2019 pukul 01.00 WIB:

– Bus Safari datang dari arah Jakarta menuju ke Cirebon (jalur A). Setibanya di TKP, bus masuk median menyeberang ke jalur B.

– Keterangan Kapolda Jabar bahwa Anshor menyerang sopir bus dan mengambil alih kemudi. Sehingga bus pindah dari jalur arah Cirebon menyeberang ke jalur arah Jakarta.

– Kanit PJR Tol Cipali AKP Azis Syarifudin menjelaskan bus Safari pindah ke jalur arah Jakarta kemudian menabrak Innova. Usai menghantam Innova, bus kembali menghantam kendaraan lainnya yang melaju ke arah Jakarta yakni jenis Xpander dan mobil truk pengangkut ayam.

– Kemudian bus masuk selokan (parit). Korban meninggal dunia 12 orang.

– 12 korban yang tewas itu enam di antaranya merupakan penumpang Xpander dan tiga lainnya penumpang Innova. Kemudian sopir dan dua penumpang bus juga tewas akibat kejadian itu.

– 45 penumpang lainnya mengalami luka-luka, 11 di antaranya luka berat.

Saat ditanya, Anshor mengaku menyerang sopir tersebut karena mendengar hendak dibunuh oleh sopir tersebut. Polisi akan lebih dahulu mendalami pengakuan Anshor itu.

“Ini pasti ada sesuatu yang harus didalami, terutama nanti kita akan melakukan pemeriksaan kejiwaan terhadap si Anshor ini,” ujar Irjen Rudy.

Akibat kecelakaan ini, 12 orang tewas. Saat ini, korban tewas ada di RSUD Cideres. (*/red/dtc)

Komentar

Berita Terbaru