oleh

Sosialisasi Pas Lintas Batas dan Bebas Visa Kunjungan/Visa Exemption

PENANEGERI, Jayapura – Satgas Pamtas Yonif Raider 300/Bjw menghadiri Sosialisasi Pas Lintas Batas (PLB) dan Bebas Visa Kunjungan/Visa Exemption di Wilayah Kerja Kantor Imigrasi Kelas 1 TPI Jayapura yang diadakan di Distrik Koya Barat, Kabupaten Muara Tami, Provinsi Papua. Kamis (05/12).

Pelaksanaan Kegiatan ini dipimpin oleh Bapak Gatut Setiawan, S.H selaku Kepala Kantor Imigrasi Kelas 1 TPI Jayapura dan kegiatan ini turut dihadiri oleh Dansatgas Pamtas Raider 300, perwakilan Satgas 509 dan 713, Koramil 1701, bagian perbatasan antar negara, bagian pengelola pengawasan perbatasan Kabupaten Kerom dan Polsek setempat yang terkait.

Dalam sosialisasi ini banyak menjelaskan mengenai dasar peraturan dari kegiatan lintas batas ini sendiri. Dijelaskan bahwa keimigrasian adalah ihwal lalu lintas orang yang masuk atau keluar wilayah Indonesia serta pengawasannya dalam rangka menjaga tegaknya kedaulatan negara sebagaimana yang dijelaskan pada UU Keimigrasian No. 6 Tahun 2011 Tentang Keimigrasian Pasal 1 Angka 1.

Selanjutnya kegiatan ini juga mendiskusikan mengenai kendala dan saran yang disampaikan dari peserta sosialisasi. Dansatgas Yonif Raider 300/Bjw Letkol Inf Ary Sutrisno, S.I.P menyampaikan mengenai kendala dijajarannya bahwa Pos Waris yang memiliki tanggung jawab Pintu Lintas Batas tidak adanya karyawan dari imigrasi di kantor lintas batas yang ada di dekat pintu lintas batas sehingga ini menjadi kendala tersendiri dalam menangani pelintas batas.

Kegiatan ini berjalan dengan lancar dan sangat membantu setiap pihak yang berkaitan dengan kegiatan pelintas batas tersebut. (pen/red)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *