oleh

Stand Festival Sate Matang di Bireuen Rampung

PENANEGERI, Bireuen – Panitia telah merampungkan sejumlah stand, lokasi Festival Sate Matang 2019, di lapangan Galaticos, Cot Gapu, Kota Juang, Kabupaten Bireuen, Kamis (28/3).

Sementara ajang festival kuliner, makanan khas Kabupaten Bireuen yang digelar Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Aceh ini akan dilaksanakan selama dua hari dimulai sejak, Sabtu (30/3).

Kabid Sejarah dan Nilai Budaya Disbudpar Aceh, Dra Irmayani kepada Penanegeri.com, Kamis (28/3) mengatakan, seluruh kesiapannya sudah rampung tinggal finishing akhir dan besok sudah siap seluruhnya.

“Festival Sate Matang ini, kita berharap mampu mendongkrak potensi ekonomi rakyat, melalui wisata kuliner. Apalagi sete Matang ini sudah terkenal di Aceh dan Indonesia,” katanya

Ajang ini, tambah Irmayani, untuk mempromosi Ikon daerah serta dapat menambah pemasukan ekonomi masyarakat, dengan harapan mampu memberi konstribusi terhadap pajak domestik bruto (PDB).

Even ini tetap dibuka untuk umum, dengan keterlibatan dan peran masyarakat, praktisi bisnis serta para pemerhati kuliner lokal maupun nasional, tujuannya memberikan kontribusi, disamping mempromosi kuliner makanan khas asal Bireuen ini.

Baca Juga  Kawepost Santuni Anak Yatim di Acara Ulang Tahun ke II

“Festival Sate Matang kita gelar dua hari, di Lapangan Galaticos Cot Gapu, Bireuen mulai  pukul 10.00  WIB hingga 22.00 WIB, disamping kegiatan lainnya,” terangnya.

Selain pameran yang diikuti puluhan pedagang sate matang dan kuliner khas Bireuen lainnya. Bahkan makanan khas lainnya di Bireuen seperti Nagasari hingga  kopi yang tetep akan disajikan pada ajang ini.

Pada pembukaan nanti, tambahnya, panitia juga menggelar khanduri sate matang, dan akan membagikan seribu porsi sate matang secara gratis bagi warga masyarakat.

Selama festival ini, nantinya digelar kompetisi berbasis skil, dengan lomba cara memasak Sate Matang, diikuti puluhan gerai serta 17 Kecamatan di Kabupaten Bireuen.

“Di ajang ini, peserta dan warga masyarakat akan dihibur dengan pentas seni, mulai lomba tusuk sate tercepat, serta aneka acara hiburan yang memeriahkan dengan kesenian daerah,” sebutnya.

Komentar

Berita Terbaru