oleh

Stok Darah di UTD Rumah Sakit Bireuen Menipis

PENANEGERI, Bireuen – Hingga hari ini, stok darah di Unit Tranfusi Darah (UTD) Rumah Sakit Umum Dearah (RSUD) dr Fauziah Bireuen semakin menipis, Minggu (26/5).

Untuk menagtisipsi hal itu, pihaknya meminta perhatian lembaga sosial dan masyarakat agara mendonorkan darahnya, guna membantu pasien yang membutuhkan darah.

Kepala UTD RSUD Bireuen, Wardati SKM kepada Penanegeri.com mengaku, sejauh ini stok darah di UTD hanya tersis sekitar 25 kantong darah, dengan berbagai golongan.

“Yang masih banyak golongan O terdapat 11 kantong, tapi untuk golongan darah lain masih kurang. Sementara kabutuhan darah setiap harinya mencapai 40-50 kantong, dan ini tergantung dengan jumlah pasien yang membutuhkan,” katanya.

Diakui Wardati, stok darah yang masih ada sekarang ini merupakan hasil kegiatan donor di Masjid Taqwa, Geulanggang Baro, Kota Juang Bireuen, pakan lalu.

Belakangan, terutama memasuki bulan Ramadhan ini, tambah Wardati kegiatan donor darah tidak ada yang melaksanakan, sehingga persediaan untuk mengatasi kebutuhan darah mengambil darah dari keluarga pasien.

Baca Juga  Akibat Kuala Dangkal, Bot Nelayan di Lapang Sulit Keluar Masuk TPI

Untuk itu kita mengharapkan, warga dan siapapun diminta dapat mendonor darahnya  ke UTD,  di samping itu lembaga sosial yang ingin mendonor darah dapat menghubungi UTD RSUD Bireuen guna membantu pasien yang membutuhkan darah.

“Untuk mengantipasi kekurangan darah bagi pasien selama bulan puasa ini, maka kebutuhan darah terpaksa diambil dari pihak keluarga pasien, bahkan ada juga warga dengan sukarela datang melakukan donor langsung ke UTD,” ujar Wardati.

Komentar

Berita Terbaru