oleh

Sumur Resapan Satgas 328, Sumber Air Kehidupan Warga Skofro

PENANEGERI, Papua – Di musim kemarau, sumur resapan yang dibuat Satgas Pamtas Yonif 328/Dgh Kostrad seperti sumber air kehidupan bagi warga Skofro yang sedang mengalami krisis air bersih.

Hal tersebut disampaikan Dansatgas Pamtas Yonif PR 328/DGH Mayor Inf Erwin Iswari, S.Sos., M. Tr (Han)., dalam rilis tertulisnya, Sabtu (29/6/2019).

Diungkapkan Erwin, sumur resapan itu dibuat personel Satgas dari Pos Skofro Lama bersama warga setempat di area sekitar gereja.

 

Sumur ini dibuat untuk memenuhi kebutuhan air bersih yang saat ini tengah melanda kampung Skofro, Distrik Arso Timur, Kabupaten Keerom, Jayapura, Papua, akibat musim kemarau.

“Pembuatan sumur resapan ini, akibat dari susahnya sumber air bersih di kampung itu. Terlebih saat musim kemarau tiba,” katanya.

Erwin pun menuturkan bahwa di Kampung Skofro, saat ini masih sangat minim fasilitas umum untuk memenuhi kebutuhan warga sehari hari. Seperti untuk mandi, mencuci dan buang air besar.

“Nantinya sumur ini akan menjadi salah satu sumber air warga, sekaligus fasilitas umum yang bisa digunakan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari,” ujarnya.

Untuk proses pengerjaannya sendiri, tutur Erwin, saat ini sudah mencapai 90 persen, setelah personel satgas bersama warga secara gotong-royong menggali tanah yang hampir mencapai 24 meter.

“Pengerjaan sumur sudah mencapai 90 persen. Air pun sudah keluar, hanya tinggal menyaring agar tingkat kekeruhan air menjadi layak untuk digunakan,” ungkapnya.

Ditempat terpisah, Kepala Kampung Skofro, Hery Kroom menyampaikan rasa terima kasihnya kepada Satgas yang telah berinisiatif dalam kegiatan tersebut.

Ia pun berharap hubungan yang sudah terjalin baik ini, akan tetap terjaga. Karena menurutnya, keberadaan Satgas di kampungnya itu sangat membantu warga.

“Keberadaan personel TNI disini sangat membantu sekali bagi kami, karena apa yang menjadi kesulitan-kesulitan warga dapat terselesaikan,” pungkasnya. (Pen/Red)

Komentar

Berita Terbaru