oleh

Tabung Freon AC Meledak, Bagian Depan Mobil Pikap Carry Hancur

PENANEGERI, Bireuen – Akibat meledaknya tabung freon AC, satu unit mobil Carry pikap BL 8385 PZ yang terparkir didepan pertokoan, Kota Matanggeulumpang Dua, Kecamatan Peusangan, Kabupaten Bireuen meledak, Selasa (11/6) pukul 11.40 WIB.

Sebelum kejadian, mobil Carry yang disopiri Muhajir (23) dan kondekturnya Saiful Bahri (25) warga Desa Blang Panjoe, Kutablang, Bireuen awalnya terparkir didepan sebuah toko di Peusangan.

Tak ada korban jiwa dalam insiden itu, sementara atap depan mobil Carry tersebut jebol dan terdorong ke atas. Tak hanya itu sejumlah rangkaian mesin dan tempat duduk sopir serta pintu samping kanan mobil tersebut ikut rusak berat.

Kapolres Bireuen AKBP Gugun Hardi Gunawan SIK MSi melalui Kapolsek Peusangan Iptu Salamuddin kepada wartawan mengatakan, ledakan keras tersebut berasal dari tabung freon AC yang ada didalam mobil tersebut.

“Di dalam mobil itu terdapat perlengkapan untuk servis AC. Saat itu kedua pemilik kendaraan itu sedang keluar dan sedang perbaikan AC di salah satu toko,” katanya.

Baca Juga  Kapolres Langsa Hibahkan Kucing Hutan ke Taman Hutan Kota 

Sementara tabung freon dan perlengkapan servis AC lainnya masih berada di dalam mobil, dan terparkir di depan toko, sementara cuaca di kawasan itu memang sangat panas.

“Secara spontan mobil itu meledak dan mengeluarkan suara dentuman keras, seluruh perangkat depan mobilnya ikut rusak, termasuk panel mesinnya,” sebutnya.

Usai kejadian dan diselidiki, ternyata tabung freon servis AC yang meledak hingga penel tabungnya putus dan  terbang sekitar 35 meter ke badan jalan.

“Diduga, meledaknya tabung freon servis AC itu dipenguruh oleh cuaca panas, sementara kaca mobil Carry itu dalam kendaaan tertutup rapat, sehingga mudah terjadi penguapan suhu panas hingga meledak,” sebutnya.

Komentar

Berita Terbaru